Titik Finis Etape 5 di Danau Singkarak

Kompas.com - 08/06/2012, 22:13 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

SINGKARAK, KOMPAS.com - Para pebalap sepeda mencapai titik finis etape 5 di Danau Singkarak, Jumat (8/6/2012). Danau Singkarak biasanya menjadi titik finis dari etape terakhir Tour de Singkarak (TdS). Namun, tahun ini, Danau Singkarak menjadi titik finis untuk etape ke-5 ajang balap sepeda internasional tersebut.

Bupati Solok Syamsu Rahim mengatakan bahwa ia berharap Singkarak dapat menjadi titik finis kembali atau menjadi titik start. Namun ia mengakui bahwa daerah di sekitar Danau Singkarak memang masih belum cukup sarana pendukung untuk menjadi titik finis maupun start.

"Saya berharap tahun depan bisa start mulai dari sini. Kami akan bekerja sama dengan Kota Solok bagaimana supaya seperti tahun lalu," katanya.

Ia menuturkan secara bertahap telah diuapayakan pengembangan infrastruktur di kawasan Danau Singkarak. Misalnya, lanjut Syamsu, adanya dua dermaga baru untuk perahu pesiar keliling Danau Singkarak.

"Tapi karena tadi finis (etape 5) selesainya sore, baru acara malam, jadi tidak terlihat. Padahal kemarin dan tadi pagi sudah dimanfaatkan oleh pengunjung yang ingin nonton TdS," ungkap Syamsu.

Selain itu, kendala lainnya, menurut Syamsu adalah kurangnya jumlah kamar di sekitar Danau Singkarak. Di daerah tersebut hanya ada dua hotel kelas melati.

"Kita berupaya mendatangkan investor untuk membuat hotel di Danau Singkarak dan Danau Kembar," katanya.

Menurutnya, tahun ini akan dibangun penginapan berkonsep cottage oleh pihak ketiga di Danau Atas, Kecamatan Danau Kembar. Penginapan ini diharapkan dapat menyediakan kamar bagi atlet dan pihak pendukung TdS tahun-tahun ke depan.

Sementara itu, rencana tahun depan, pihaknya berharap rute dapat melalui Rumah Gadang 22 Ruang. "Ini satu-satunya rumah gadang yang besar dengan 22 ruangan yang ada di Sumatera Barat. Tahun depan rencananya mau dibuatkan rute di sana," katanya.

Etape 5 di TdS 2012, melalui beberapa daerah baru di Kabupaten Solok. Di etape ke-5 ini, rutenya adalah Padang Panjang ke Singkarak, melalui Ombilin, Singkarak, Solok, Danau Bawah, Danau Atas, Kayu Aro, Lubuk Selas kembali ke Solok, dan berakhir di Danau Singkarak.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X