Rossi: Ducati Harus Lakukan yang Lebih Radikal

Kompas.com - 01/06/2012, 22:09 WIB
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

CATALUNYA, Kompas.com - Valentino Rossi mengakui, mesin Ducati hasil modifikasi yang sudah diujicoba di Mugello pada akhir pekan lalu, tak bekerja dengan baik. Karena itu, "The Doctor" meminta timnya untuk melakukan sesuatu yang "lebih radikal".

Ducati sudah menemukan kelemahan, bahwa keluar dari tikungan menjadi penyebab utama mereka kehilangan waktu, sehingga baik Rossi maupun Nicky Hayden kesulitan mendapatkan tenaga tanpa menghentikan traksi. Padahal, sebagai solusi jangka pendek, Ducati sudah mengujicoba pengesetan mesin modifikasi di Mugello pada akhir pekan lalu, dengan tujuan untuk dibawa ke Silverstone.

Namun kenyataan yang dihadapi sekarang justru tak memuaskan karena Rossi mengatakan bahwa perubahan tersebut terbukti tidak menguntungkan. Juara dunia tujuh kali MotoGP ini menegaskan, timnya harus memberikan fokus tambahan dalam merancang dan pengujian jangka panjang, serta pembaruan lebih menyeluruh yang bertujuan untuk dibawa ke GP Amerika Serikat.

"Tak ada perubahan, saya mengetahuinya sebelum uji coba," ujar Rossi kepada Gazzetta dello Sport. "Kami membutuhkan sesuatu yang lebih radikal dan mereka sedang mengerjakannya.

"Jadwal program kami adalah memilikinya untuk Laguna Seca, tetapi ini berarti bahwa kami pertama-tama mengujinya di Mugello, karena kami tidak bisa berpikir untuk memakainya ke sejumlah balapan tanpa mengetahui bagaimana kinerjanya."

Meskipun tak mengalami kemajuan seperti yang diharapkan, Rossi tetap pada tujuannya saat tampil di Barcelona akhir pekan ini. Peraih sembilan gelar juara dunia grand prix ini menegaskan bahwa mereka tetap berusaha untuk memangkas gap dengan para pebalap satelit Yamaha Tech 3.

"Sekarang kami akan melihat apa yang terjadi di sini," terang mantan pebalap Honda dan Yamaha tersebut, "jika kami berhasil membuat jarak lebih dekat dengan mereka yang di depan dalam kondisi lintasan kering, seperti dua pebalap Yamaha hitam dan Barbera. Tidak begitu banyak dalam latihan, tetapi pada Minggu sore."

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X