Yamaha Bantah Beri Tekanan kepada Spies

Kompas.com - 31/05/2012, 22:33 WIB
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

KOMPAS.com — Yamaha membantah memberikan tekanan kepada pebalap nomor duanya, Ben Spies. Meski demikian, pebalap asal Texas tersebut diharapkan bisa memperbaiki performanya pada akhir pekan ini di Catalunya, Barcelona, dengan masuk posisi enam besar.

Pada awal musim 2012 ini, penampilan Spies sangat mengecewakan karena dia sangat tidak kompetitif. Mantan juara dunia Superbike ini jauh dari harapan meskipun di awal era MotoGP mesin 1.000 cc ini, dia ditengarai bisa menjadi rival berat "the big three", yaitu duo Repsol Honda, Casey Stoner, dan Dani Pedrosa, serta rekan setimnya, Jorge Lorenzo, dalam perburuan gelar juara dunia.

Niatnya bersaing di papan atas pada musim keduanya bersama tim Jepang ini, alih-alih hasil terbaik Spies dalam empat seri yang sudah dilakoni adalah finis di posisi kedelapan. Alhasil, kini Spies terpuruk di posisi ke-11 klasemen sementara.

Nah, akhir pekan ini, Spies kembali ke trek Catalunya, satu di antara lima sirkuit dalam kalender MotoGP yang pernah dia taklukkan sehingga bisa naik podium dalam kariernya di kelas premier ini. Meskipun demikian, Yamaha menegaskan bahwa tidak ada tekanan kepada juara dunia Superbike 2009 tersebut.

"Semua hasil selama ini tidak menghancurkan kepercayaan diri Ben, dan dia masih yakin dirinya akan tertantang untuk bisa naik podium dalam beberapa balapan ke depan. Saya sangat yakin dia bisa melakukannya," ujar bos Yamaha, Massimo Meregalli, kepada MCN.

"Dia mengalami awal yang buruk pada musim ini dan hal tersebut bukan 100 persen karena kesalahannya, tetapi saya sangat positif dengan balapan-balapan ke depan. Saya tidak berpikir bahwa semua hasil yang diraih memberikan tekanan kepada Ben.

"Hasil-hasil tersebut bukanlah apa yang kami cari, tetapi terlalu cepat membicarakan tentang tahun depan. Kami belum mulai melakukan pembicaraan tentang tahun depan dan mungkin setelah Barcelona, saatnya mulai membicarakan tentang tahun depan."

Bukan rahasia lagi jika posisi Spies mendapat ancaman dari dua pebalap tim satelit Yamaha Tech 3, Cal Crutchlow dan Andrea Dovizioso. Jika tak mampu memperbaiki performanya, maka posisi Spies bisa digeser oleh salah satu dari duo Yamaha Tech 3 tersebut, yang selalu bersaing ketat di setiap seri musim 2012 ini.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X