Perenang Arab Bela Tim Israel di Nomor Estafet

Kompas.com - 30/05/2012, 22:35 WIB
|
EditorNasru Alam Aziz

DEBRECEN, KOMPAS.com — Meskipun secara politis masyarakat Yahudi dan Arab selalu bersitegang di negara Israel, mereka ternyata dapat bekerja sama di olahraga.

Jowan Qupty, perenang keturunan Arab, dipercaya bersama-sama dengan tiga perenang Yahudi membela tim renang Israel di nomor 4 x 100 meter gaya ganti estafet putra dalam Kejuaraan Renang Eropa di Hongaria, Selasa (29/5/2012).

Tim Israel tidak merebut medali di nomor itu, tetapi bagi Qupty, keikutsertaannya adalah sebuah kemenangan.

Saat seleksi, Qupty mencatat waktu 1 menit 2,43 detik dalam nomor 100 meter gaya dada, tetapi yang dipilih justru Imri Ganiel yang mencatat waktu 1 menit 2,53 detik. Qupty menggugat ke pengadilan olahraga dan diizinkan membela tim Israel.

"Saya tidak berpikir tidak dipilih karena saya Arab. Itu terlalu  politis," kata Qupty.

Presiden Federasi Renang Israel Noam Zvi mengatakan, jika mencapai target, ia tidak mempermasalahkan perenangnya Arab, Yahudi, atau Kristen.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X