Piala Uber Kembali ke Pangkuan China

Kompas.com - 26/05/2012, 19:47 WIB
|
EditorAsep Candra

JAKARTA, KOMPAS.com - Lambang supremasi tertinggi turnamen bulu tangkis beregu putri, Piala Uber, kembali ke pangkuan China. "Negeri Tirai Bambu" ini merebutnya dari Korea Selatan, yang dikalahkan dengan skor telak 3-0 di final, Sabtu (26/5/2012).

Wang Yihan membuka pesta China yang bermain di hadapan pendukungnya di Wuhan. Tampil di partai pembuka, pemain nomor satu dunia ini menang 14-21, 22-20, 21-13 atas Sung Hyun Ji. Setelah itu, giliran ganda nomor satu dunia, Yu Yang/Wang Xiaoli, yang melibas Kim Min Jung Ha Jung Eun, dengan straight game 21-15, 21-13.

Unggu 2-0, China semakin di atas angin. Di partai ketiga, pemain kidal Wang Xin tak memberikan peluang kepada Bae Youn Joo untuk mengembangkan permainan, sehingga Wang Xin menang 21-10, 21-16. Dengan demikian, China menuntaskan dendamnya atas Korea yang mengalahkannya dua tahun silam.

Saat Piala Uber dihelat di Kuala Lumpur, Malaysia, Korea menang 3-1 atas China di final untuk meraih gelar pertamanya. Kini, China semakin menobatkan diri sebagai raksasa bulu tangkis dunia, khususnya di sektor putri. Pasalnya, mereka menjadi negara yang paling banyak meraih gelar juara dalam sejarah Piala Uber. Dari 15 kali tampil di final, China 12 kali menjadi juara.

Sedangkan bagi Korea, ini menjadi final ketujuhnya dan mereka selalu bertemu China, yakni pada 1988, 1990, 1992, 2002, 2004, sebelum menjadi juara pada 2010, dan kembali jadi runner-up tahun ini.

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X