Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nadal Juara dan Kembali Geser Federer dari Peringkat Kedua

Kompas.com - 21/05/2012, 20:38 WIB

ROMA, Kompas.com - Rafael Nadal memperlihatkan persiapan yang bagus menjelang ambisinya untuk mempertahankan gelar Grand Slam Perancis Terbuka yang akan berlangsung pekan depan. Si kidal asal Spanyol ini merengkuh gelar juara Roma Masters, setelah di final mengalahkan juara bertahan yang juga pemain nomor satu dunia, Novak Djokovic.

Dalam partai final, Senin (21/5/2012), Nadal menang straight set 7-5, 6-3 atas rivalnya dari Serbia tersebut. Ini merupakan gelar keenam petenis berusia 25 tahun kelahiran Mallorca tersebut, dari tujuh kali tampil di final di ibukota Italia.

Dengan keberhasilan ini, Nadal pun kembali ke peringkat dua dunia. Dia hanya memberikan waktu sepekan bagi rivalnya dari Swiss, Roger Federer, yang mengkudetanya minggu lalu usai menjuarai Madrid Masters.

Sejatinya, laga final ini berlangsung pada Minggu (20/5), tetapi terpaksa ditunda karena hujan. Dalam laga tadi, cuaca sangat bagus, sehingga penonton memadatai Foro Italico. Duel di set pertama berlangsung sangat ketat hingga kedudukan 5-5, sebelum Nadal melakukan break di game ke-11 untuk unggul 6-5, dan meraih kemenangan 7-5.

Di set kedua, kendali permainan sepenuhnya dipegang Nadal. Setelah melakukan break di game pembuka, Nadal terus melaju dan hanya "memberikan" tiga poin kepada Djokovic untuk menang 6-3. Kini, dari total 32 pertemuan, Nadal unggul rekor head-to-head 18-14. Dan untuk rekor di Roma Masters, Nadal dan Djokovic menjadi penguasa sejak 2005, di mana tak ada juara baru selain mereka berdua ( Nadal juara pada 2005, 2006, 2007, 2009, 2010, dan 2012, sedangkan Djokovic juara pada 2008 dan 2011).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com