Rossi: Balapan Basah Menjadi Favorit Ducati

Kompas.com - 20/05/2012, 05:41 WIB
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

LE MANS, Kompas.com - Valentino Rossi mengakui, ramalan cuaca yang menyebutkan bahwa balapan di Sirkuit Le Mans, Perancis, Minggu (20/5/2012), berlangsung dalam kondisi basah, akan menguntungkan Ducati. Pasalnya, kondisi tersebut menjadi favorit Ducati, sehingga memberikannya peluang untuk berada di barisan depan.

Berdasarkan ramalan cuaca, GP Perancis akhir pekan ini bakal diwarnai hujan. Itu sudah terlihat saat kualifikasi. Tambahan lagi, hampir setiap balapan di Le Mans akan terjadi dalam kondisi tersebut.

Nah, ini membuat Rossi cukup bergairah. Apalagi, dia akan start dari posisi ketujuh, yang merupakan hasil terbaik saat kualifikasi sepanjang musim 2012. "The Doctor" merasa senang karena performa Ducati sudah lebih baik.

"Hari ini sedikit lebih positif: kami menggunakan pengesetan kemarin secara bersama-sama dengan sedikit modifikasi dan saya mengalami peningkatan," ujar Rossi. "Saya menyesal tidak bisa menembus barisan kedua, meskipun hampir mencapainya. Tetapi fakta bahwa di posisi ketujuh pun tidak terlalu buruk. Ini adalah sesi kualifikasi terbaik kami sepanjang musim.

"Sesi ini sangat sulit karena kondisi trek berubah begitu cepat, tetapi bagi saya kami lebih kompetitif di lintasan basah. Sekarang kondisinya sangat buruk, karena hujan sangat deras dan ramalan cuaca menyebutkan bahwa besok basah.

"Saya pikir di lintasan basah kami bisa sedikit lebih kompetitif sehingga mungkin berusaha mencapai posisi yang lebih baik saat balapan. Tetapi bagaimanapun kami harus mencoba dan saya berharap, jika basah maka itu terjadi pada pagi hari dan terjadi dalam beberapa lap saat warm up, sehingga bisa memahami dengan lebih baik potensi kami."

Juara dunia tujuh kali MotoGP ini mengakui, kondisi yang buruk merupakan kesenangan Ducati karena membantu meningkatkan rasa pada GP12. Selain itu, motor terasa lebih mudah saat melakukan akselerasi ketika keluar tikungan.

"Dalam kondisi basah, motor memberikan rasa yang lebih baik, dan anda bisa mengendarainya dengan cara yang lebih baik," terang mantan pebalap Honda dan Yamaha ini. "Dan dengan tenaga sedikit yang digunakan dalam balapan basah, kami tidak terlalu mengalami masalah dalam memberikan tenaga yang kuat."

Ditambahkannya, di Perancis ini tim sudah membuat sebuah langkah maju dalam pengesetan GP12, meskipun performanya belum berubah secara drastis. Tetapi target bahwa mereka bisa lebih baik dibandingkan dengan balapan di Portugal sudah terlihat.

"Saya pikir kami bisa membuat sebuah langkah maju dari Portugal, karena kami bisa bekerja lebih banyak pada pengesetan motor," ungkap pebalap Italia ini.

"Kami melakukan pekerjaan yang bagus dalam beradaptasi dengan kondisi trek, yang mana berubah dengan begitu cepat, dan setiap keluar, saya tetap berada di trek yang benar dan di waktu yang tepat. Kami membuat sebuah langkah kecil untuk maju dibandingkan dengan di Estoril, dan kami bekerja dengan baik."

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X