Pedrosa Tampil Taktis untuk Kalahkan Stoner

Kompas.com - 20/05/2012, 01:23 WIB
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

LE MANS, KOMPAS.com — Pebalap Repsol Honda, Dani Pedrosa, berhasil meraih pole position GP Perancis setelah mencatat waktu terbaik saat kualifikasi di Sirkuit Le Mans, Sabtu (19/5/2012). Tetapi, pebalap Spanyol ini mengakui persiapan untuk menghadapi balapan basah menjadi lebih penting dibandingkan dengan apa yang diraihnya tersebut.

Pedrosa mengakui, saat kualifikasi dia tampil lebih taktis. Pada bagian tertentu di trek dia mendorong secara maksimal sehingga mampu mengalahkan catatan waktu rekan setimnya, Casey Stoner, untuk meraih pole pertamanya di musim 2012.

Akan tetapi, Pedrosa tak mau merayakan kesuksesannya tersebut. Dia memilih untuk lebih berkonsentrasi menghadapi balapan pada Minggu (20/5/2012), karena cuaca di sirkuit sangat tidak bisa diprediksi. Itu artinya, Honda harus siap bekerja untuk pengesetan balapan basah.

"Saya tidak bisa menjadi pebalap peraih pole, (jadi) ini menyenangkan," jelas Pedrosa. "Saya senang berada di posisi terdepan, tetapi sesungguhnya besok kami harus bekerja keras untuk mendapatkan motor terbaik di grid.

"Di sini, di Le Mans, balapannya selalu merupakan campuran sehingga saya berharap mendapatkan beberapa pengesetan yang bagus untuk kering dan basah. Kami harus siap untuk melaju kencang dalam kondisi apa pun.

"Ini sebuah sesi yang sulit karena pada awalnya Anda tidak tahu jika akan hujan lagi sehingga kuncinya adalah memilih saat yang tepat untuk mendorong dan tidak keluar dari garis.

"Mari kita lihat bagaimana cuacanya saat balapan, tetapi yang pasti balapan di sini sangat panjang, 28 lap, dan segalanya bisa berubah. Saya berharap melakukan start yang bagus dan bisa mempertahankan kecepatan hingga akhir."

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X