Rossi dan MotoGP Suram, "Mediaset" Beralih ke Superbike

Kompas.com - 16/05/2012, 21:06 WIB
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

KOMPAS.com - Saluran televisi Italia, Mediaset, memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak kerja sama dengan Dorna, yang berakhir musim 2013. Dengan demikian, salah satu media massa terbesar di Italia tersebut tak punya hak lagi untuk menyiarkan balap motor paling populer di dunia, MotoGP.

Kini, Sky yang mengambilalih hak penyiaran event tersebut, mulai musim 2014. Sky membeli hak eksklusif MotoGP tersebut dari Infront untuk periode selama tiga tahun, dari 2013-2015, dengan sebuah opsi perpanjangan selama tiga tahun.

Melepas MotoGP, Mediaset beralih ke balapan yang dinilai punya prospek bagus, yaitu WSBK, di mana sebelumnya hak penyiaran berada di televisi Italia La7. Dengan demikian, Mediaset akan menghentikan semua iklan seri prototype tersebut, yang sudah mereka perlihatkan sejak 2002, dan mengalihkan konsentrasi kepada seri yang berbasis pabrik.

"Dengan tidak adanya kepastian tentang aturan, partisipasi sejumlah pabrik dan sejumlah pebalap pada 2014, Mediaset memutuskan untuk tidak memperbarui kontraknya dengan Dorna. Tak ada kesepakatan antara kedua pihak mengenai nilai hak televisi," demikian pernyataan pihak channel televisi.

Secara tersirat, Mediaset menilai masa depan MotoGP agak buram. Situasi ini bertambah runyam menyusul buruknya performa pebalap Ducati, Valentino Rossi, yang mana membuat rating acara mereka menurun drastis, dan diperkirakan bisa lebih buruk dari tahun lalu.

Nah, solusi dari Mediaset terbilang sederhana. Kini mereka mengalihkan perhatian kepada Superbike, yang sedang melakukan ekspansi untuk menaikkan popularitasnya, dan kini terus bertumbuh.

"World Superbike Championship merupakan seri yang sangat kompetitif, yang ditandai oleh kehadiran sejumlah pebalap bagus dan keikutsertaan pabrik (BMW, Honda, Suzuki, Kawasaki, Aprilia, dan Ducati). Ini juga memperlihatkan motor-motor dengan produksi yang hampir sama, yang mana tersedia bagi fans di pasar."

 



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X