Irene K Sukandar Juara Catur Asia - Kompas.com

Irene K Sukandar Juara Catur Asia

Kompas.com - 13/05/2012, 13:54 WIB

HO CHI MINH CITY, KOMPAS.com — Pecatur putri terbaik Indonesia, Irene Kharisma Sukandar, di luar dugaan akhirnya mampu menjuarai Asian Continental Chess Championship yang digelar di Ho Chi Minh City, Vietnam, 5-13 Mei.

Wartawan Kompas Khaerudin dari Ho Chi Minh City melaporkan, di babak kesembilan atau terakhir, Irene menang atas pecatur India, Eesha Karavade. Gelar juara bagi Irene dipastikan setelah pesaing terdekatnya yang juga pecatur India, Mary Ann Gomez, kalah dari pecatur China Tan Zhongyi.

Dengan kemenangan pada babak kesembilan, Irene meraih 7 poin, sementara Mary Ann hanya mampu meraih 6,5 poin. Kemenangan Irene ini sebenarnya di luar dugaan. Irene sama sekali tak diunggulkan dalam kejuaraan ini. Prestasi terbaik pecatur berusia 20 tahun ini di Asian Continental Chess Championship juga hanya peringkat keempat.

Gelar juara Irene serta merta membuat seluruh tim dan ofisial Indonesia terharu. Apalagi di bagian putra, pada kategori open standard chess, pecatur terbaik Indonesia, Susanto Megaranto, gagal memenuhi target untuk bisa menembus lima besar kejuaraan. 

 


PenulisKhaerudin
EditorRobert Adhi Ksp

Close Ads X