Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tinggal Estoril yang Belum Ditaklukkan Stoner

Kompas.com - 03/05/2012, 17:23 WIB

ESTORIL, KOMPAS.com — Akhir pekan lalu, Casey Stoner sudah mewujudkan impiannya untuk mengakhiri paceklik kemenangan di Sirkuit Jerez, Spanyol. Dengan demikian, tinggal satu sirkuit lagi dari total 18 seri musim ini, yang belum bisa ditaklukkan pebalap Repsol Honda tersebut selama kariernya di kelas premier, yaitu Sirkuit Estoril, Portugal.

Nah, Stoner punya peluang untuk menuntaskan rasa penasaran tersebut pada akhir pekan ini. Apalagi, dia sedang berada dalam momentum yang bagus seusai kemenangan mengesankan di Jerez, setelah melibas dua pebalap Spanyol yang difavoritkan jadi pemenang, yaitu pebalap Yamaha Jorge Lorenzo, serta rekan setimnya, Dani Pedrosa.

Stoner pernah merasakan podium utama GP Portugal pada tahun 2005. Tetapi, saat itu pebalap Australia tersebut masih berkompetisi di kelas 250 cc. Sedangkan untuk MotoGP, hasil terbaik yang diraih juara dunia 2007 dan 2011 ini adalah menjadi runner-up pada tahun 2009.

Namun, pekerjaannya untuk akhir pekan ini pasti sangat berat. Stoner, yang kini berada di peringkat kedua klasemen sementara dan terpaut empat poin dari Lorenzo, harus bisa mengatasi rivalnya tersebut, yang memiliki reputasi mentereng di Estoril. Pasalnya, sejak melakukan debutnya di MotoGP pada 2008, Lorenzo tiga kali meraih kemenangan GP Portugal, dan satu kali menjadi runner-up. Juara dunia 2010 ini pun selalu menempati pole position.

Sedangkan untuk rekor total jumlah kemenangan grand prix, Stoner sudah masuk posisi 10 besar dengan raihan 41 kemenangan. Dia hanya tertinggal satu dari Max Biaggi dan Anton Mang. Tetapi, untuk mengejar Valentino Rossi, yang kini berada di posisi kedua, Stoner masih perlu perjalanan panjang karena Rossi sudah meraih total 105 kemenangan.

- Jumlah kemenangan Grand Prix (semua kelas):

1. Giacomo Agostini  122
2. Valentino Rossi      105
3. Angel Nieto            90
4. Mike Hailwood       76
5. Mick Doohan          54
6. Phil Read                52
7. Jim Redman            45
8. Max Biaggi             42
9. Anton Mang           42
10. Casey Stoner        41

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com