Stoner Masih Jadi Pebalap yang Harus Dikalahkan

Kompas.com - 04/04/2012, 22:34 WIB
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

KOMPAS.com - Rangkaian persiapan MotoGP 2012, mulai dari tes resmi pertama hingga ketiga selama musim dingin ini, akan segera berakhir. Latihan bebas di Sirkuit Losail, Qatar, Kamis (5/4/12), menjadi tanda bahwa balapan sesungguhnya akan segera dimulai sebelum bendera start dikibarkan pada Minggu (8/4/12).

Musim 2012 akan dimulai dari balapan malam hari yang merupakan tradisi di Qatar. Dua sejarah besar akan tercatat, karena ini menjadi era perdana MotoGP mesin 1.000 cc, serta bertambahnya jumlah pebalap di lintasan menjadi 21 orang setelah hadirnya kategori baru di MotoGP, yaitu tim CRT (Claiming Rules Teams).

Dari hasil tes musim dingin yang berlangsung di Sepang (2 kali) dan terakhir di Jerez, terlihat bahwa Honda dan Yamaha menjadi tim terfavorit untuk bersaing di barisan depan. Sementara itu Ducati yang mengandalkan Valentino Rossi dan Nicky Hayden masih perlu usaha yang sangat keras untuk bisa mengimbangi dua tim pabrik tersebut, meskipun mereka sudah melakukan perubahan radikal pada Desmosedici GP12.

Namun yang menjadi perhatian utama adalah sang juara bertahan, Casey Stoner. Pebalap Repsol Honda ini tampaknya menjadi orang yang harus dikalahkan oleh para rivalnya, karena dia selalu terdepan selama uji coba pra-musim (enam dari total sembilan hari uji coba). Apalagi, dia juga memiliki reputasi yang ciamik selama balapan malam hari di Qatar, di mana dalam lima tahun terakhir dia empat kali jadi pemenang.

"Setelah uji coba pra-musim yang bagus, baik di Sepang maupun Jerez, kami pergi ke Qatar dengan perasaan yang positif meskipun harus tetap bekerja," ujar pebalap Australia tersebut. "Ini untuk pertama kalinya akan menggunakan motor baru di sirkuit ini, sehingga kami perlu menghabiskan lebih banyak waktu untuk pengesetan demi mendapat posisi terbaik.

"Kami selalu meraih hasil bagus di Sirkuit Losail, tetapi ini adalah musim baru dan ada banyak kompetitor di sana pada tahun ini. Saya senang memulai musim baru dan bertarung dengan pebalap lain untuk Kejuaraan Dunia ini."

Pebalap yang bisa menghentikan dominasi Stoner adalah Jorge Lorenzo. Jagoan tim Yamaha Factory ini selalu memberikan tekanan kepada Stoner selama uji coba musim dingin, sehingga wajar jika juara dunia 2010 tersebut masuk nominasi orang yang berpeluang menjadi juara dunia 2012.

"Saya sangat senang karena akhirnya bisa sampai pada balapan dan melihat bagaimana keberadaan kami dibandingkan dengan para rival," ujar Lorenzo. "Tahun lalu Qatar menjadi balapan yang bagus bagi kami, tetapi saya pikir musim ini kami memiliki motor yang sedikit lebih kompetitif, sehingga saya berharap terjadi hal yang bagus.

"Karena cedera tanganku (tiga seri dari balapan terakhir tahun lalu, di Phillip Island), saya harus menunggu lama sejak balapan tersebut, sehingga saya sangat senang menyambut hari Minggu. Saya sudah banyak berlatih untuk musim ini; saya merasa sangat bagus dan sangat senang dengan motor."

Pebalap lainnya yang bisa memberikan ancaman serius adalah Dani Pedrosa. Rekan setim Stoner ini tampil cukup konsisten selama uji coba pra-musim, karena selalu berada di barisan depan. Apalagi, kompatriot Lorenzo dari Spanyol ini pun berjanji tampil sempurna sehingga tak mengalami kecelakaan serius seperti pada musim-musim sebelumnya.

Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X