Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Posisi Tim Garuda Belum Aman

Kompas.com - 31/03/2012, 03:22 WIB

Jakarta, Kompas - Kemenangan 2-1 atas tim Tiger Malaysia belum membuat posisi tim Garuda Indonesia aman melangkah ke final turnamen bulu tangkis Axiata Cup. Pasalnya, tim Tiger masih berpeluang membalas kekalahan saat menjamu tim Garuda, Minggu besok.

Peluang tim Tiger cukup terbuka. Selain akan didukung penuh penonton, tim Tiger juga kemungkinan akan menurunkan formasi terkuatnya dengan memainkan pemain nomor satu dunia, Lee Chong Wei, dan ganda putra terkuat Malaysia, Koo Kien Keat/Tan Boon Heong.

Jika kedua andalan Malaysia itu diturunkan, peluang terbaik tim Garuda mencuri poin ada di partai ketiga yang memainkan tunggal kedua. Strateginya, Simon Santoso harus dipasang sebagai tunggal pertama, sedangkan Taufik Hidayat sebagai tunggal kedua. Partai ganda akan menjadi kunci kemenangan.

Pada semifinal, Jumat (30/3), di Kelapa Gading Sports Mall, Jakarta, tim Tiger tidak menurunkan Lee Chong Wei dan pasangan Koo/Tan. Situasi ini dimanfaatkan dengan baik oleh Taufik Hidayat yang mengalahkan Daren Liew 21-19, 21-9.

Pasangan Muhammad Ahsan/Hendra Setiawan juga menang 21-17, 21-17 atas pasangan Lim Kim Wah/Goh V Shem.

Sayangnya, di partai ketiga, Sony Dwi Kuncoro gagal mendulang poin. Sony dikalahkan Hafiz Hashim dua gim langsung 13-21, 19-21. ”Saya minta maaf tidak bisa menyumbang poin meski tadi sudah berusaha keras,” ujar Sony.

Manajer tim Indonesia, M Feriansyah, mengatakan, dengan posisi sekarang ini, sedang dipikirkan strategi untuk mengamankan poin.

Belum pasti

Sementara itu, tim Tiger masih menanti kesiapan Lee Chong Wei untuk pertandingan kedua di Kuala Lumpur.

”Untuk pertandingan (kedua) di Malaysia masih belum pasti. Tergantung dia (Lee Chong Wei) sudah siap atau belum, atau menunggu keputusan dokter,” ujar pelatih tim Tiger Malaysia, Rashid Sidek.

Menurut dia, Lee Chong Wei masih belum pulih dari cedera yang dialaminya pada turnamen All England awal bulan ini. ”Memang harapan kami menang di sini, tetapi tim Garuda terlalu kuat. Dapat satu poin sudah bagus,” katanya. (OTW)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com