Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raikkonen Terkena Penalti 5 Grid di Sepang

Kompas.com - 23/03/2012, 22:18 WIB

SEPANG, KOMPAS.com Kimi Raikkonen harus menerima hukuman pengurangan lima grid untuk GP Malaysia akhir pekan ini. Hal tersebut harus dihadapi pebalap Lotus tersebut karena dia mengganti gearbox saat latihan bebas kedua di Sirkuit Sepang, Jumat (23/3/2012).

Segera setelah sesi latihan siang itu selesai, Lotus menulis lewat akun Twitter bahwa ada sebuah persoalan pada gearbox mobil milik pebalap asal Finlandia tersebut. Dengan demikian, mereka harus menggantinya sebelum latihan bebas ketiga, yang juga merupakan sesi terakhir, dilakukan pada Sabtu (24/3/2012).

Tim pun mengonfirmasikan adanya perubahan itu kepada Autosport. Dengan demikian, juara dunia Formula 1 musim 2007 tersebut harus menjalani hukuman pemotongan lima grid dari hasil kualifikasi nanti untuk menempati posisi start balapan hari Minggu.

Masalah itu sudah terlihat setelah Raikkonen keluar lintasan selama GP Australia akhir pekan lalu, di mana radiator mobilnya terisi potongan rumput. Akibatnya, gearbox mengalami panas berlebihan selama balapan di Sirkuit Albert Park, Melbourne.

Analisis setelah balapan menunjukkan bahwa ada kebocoran pada gearbox sehingga tim harus menggantinya karena mereka tidak yakin akan bertahan lama saat balapan. Perubahan itu menyusul hasil kualifikasi GP Australia yang tidak menggembirakan, ketika Raikkonen langsung terdepak di Q1.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com