Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Cabang Masih Bisa Ikut

Kompas.com - 25/02/2012, 02:35 WIB

Jakarta, kompas - Tiga cabang olahraga, yaitu bola kayu, bola tangan, dan kabadi, masih dipertimbangkan untuk dapat mengikuti Asian Beach Games III di Haiyang, China. Demikian hasil rapat antara induk organisasi olahraga, Komite Olimpiade Indonesia, dan Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas Utama-Muda, Jumat (24/2).

Padahal, Kamis, Komite Olimpiade Indonesia (KOI) dan Satlak Prima Utama-Muda menyatakan, Indonesia hanya akan tampil di delapan cabang dari total 13 cabang, sedangkan lima cabang batal mengirim atlet. Kelima cabang itu adalah bola kayu, bola tangan, kabadi, sepak bola pantai, dan bola basket pantai. Alasan pembatalan karena efisiensi biaya, belum ada induk organisasi, dan minim prestasi.

Ketua KOI Rita Subowo mengungkapkan, efisiensi biaya perlu dilakukan karena hingga saat ini belum diketahui berapa anggaran untuk Asian Beach Games (ABG). ”Kita mengajukan Rp 29 miliar, tapi belum disetujui. Saya maunya Indonesia ikut semua cabang yang dipertandingkan,” katanya.

Rita mengutarakan, cabang bola kayu dan kabadi bisa dikirim ke ABG karena telah berprestasi di ABG I dan ABG II. Masalah induk organisasi bola kayu, bola tangan, dan kabadi yang belum menjadi anggota KOI bisa diselesaikan dengan meminta dispensasi dari Komite Olimpiade Asia (OCA). Adapun cabang bola tangan perlu dikirim karena dipertandingkan di olimpiade.

Rita juga meminta pengurus ketiga cabang olahraga itu untuk konsultasi dengan Satlak Prima.

Sekretaris Jenderal Asosiasi Bola Tangan Indonesia Andi A Zamzami mengatakan, bola tangan sudah mempunyai induk organisasi meskipun belum menjadi anggota KOI.

Andi menyayangkan apabila efisiensi biaya menjadi alasan. ”Saya tidak yakin dana Rp 29 miliar kurang untuk mengirim 13 cabang ke ABG. Seharusnya keputusan mencoret lima cabang jangan disampaikan dulu karena anggaran untuk ABG saja belum diketahui,” katanya. (WAD)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com