Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kejutan Tim Putri Indonesia

Kompas.com - 25/02/2012, 02:34 WIB

Palembang, Kompas - Tim sepak takraw putri Indonesia membuat kejutan dengan menumbangkan tim favorit Vietnam pada kejuaraan International Sepak Takraw Super Series di Palembang, Jumat (24/2). Indonesia menang 3-1 (15-12, 12-15, 15-10, 15-12) dan memastikan diri menjadi juara Grup B, di atas Vietnam dan Jepang.

Hasil tersebut memastikan Indonesia akan berhadapan dengan tim ”Negeri Ginseng”, Korea Selatan, pada semifinal hari Sabtu di Palembang Sport and Convention Center.

Manajer tim Vietnam, Ha Tung Lap, seusai pertandingan, mengakui bahwa tim Indonesia bermain sangat baik. ”Waktu untuk mempersiapkan diri sangat sempit. Sangat wajar kalau kami kalah,” katanya.

Dia menjelaskan, seusai SEA Games XXVI pada November 2011, timnya tidak pernah berlatih bersama. Fisik dan teknik yang tidak pernah dijaga terbukti pada hasil laga melawan Indonesia.

Vietnam yang menjadi runner- up Grup B akan berhadapan dengan tim Thailand, juara Grup A. ”Pertandingan yang berat, tapi kami akan berusaha sebaik mungkin,” ujarnya.

Kemenangan tim putri Indonesia ini cukup mengejutkan mengingat tim ini bisa berlaga karena fasilitas wild card. Selain itu, tim Indonesia juga hanya memiliki waktu persiapan satu bulan.

Asisten pelatih tim Indonesia, Setyobudi, mengatakan, timnya semula hanya menargetkan bisa menembus lima besar. ”Kami berharap anak-anak bermain konsisten pada dua laga terakhir. Bila mungkin, ke final,” katanya.

Sebelum melawan Vietnam, tim putri Indonesia menaklukkan tim Jepang dengan skor 3-1 (10-15, 15-13, 15-8, 15-9).

Thailand juara grup

Sebelumnya, tim putra Thailand memastikan diri menjadi juara grup setelah menang atas Korea Selatan 3-0 (15-11, 15-12, 15-12). Korea Selatan menjadi runner-up grup ini.

Pairoj Archarungroj, manajer tim Thailand, mengatakan, hasil dua kali kemenangan atas Brunei dan Korea Selatan ini cukup memberikan sinyal positif bahwa tim asuhannya bisa berjaya lagi pada seri kali ini.

Jumat malam, tim putra Malaysia mengalahkan tuan rumah Indonesia dengan skor 3-1 (15-9, 15-12, 11-15, 15-10). Dengan hasil ini, tim ”Merah Putih” akan menghadapi tim tangguh Thailand di semifinal. Adapun di semifinal lain, Korea Selatan akan meladeni permainan Malaysia.(MHD)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com