Tim Pendaki Gunung Vinson Massif Tiba di Indonesia

Kompas.com - 19/01/2012, 22:04 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

JAKARTA, KOMPAS.com — Tim pendakian Seven Summits yang baru menaklukkan puncak Gunung Vinson Massif dengan ketinggian 4.987 meter di atas permukaan laut (mdpl) yang terletak di Antartika telah tiba di Indonesia dengan selamat dan mengadakan jumpa pers, Kamis (19/1/2012).

Seperti diberitakan, tim pendaki yang terdiri dari lima anggota organisasi pencinta alam Wanadri mencapai puncak Vinson Massif pada Sabtu (7/1/2012) dini hari WIB. Tim tersebut telah menaklukkan lima puncak gunung, yaitu Carstensz Pyramid atau Ndugu-Ndugu di Papua, Kilimanjaro di Tanzania, Elbrus di Rusia, Denali atau McKinley di Amerika, dan Aconcagua di Argentina.

Pendaki yang telah tiba di Indonesia adalah Ardhesir Yaftebbi, Nurhuda, dan Iwan Irawan. Mereka tiba pada Rabu (18/1/2012). Dua pendaki lainnya, yaitu Fajri Al Luthfi dan Rimbawan, serta manajer tim, Galih Donikara, menyusul tiba di Indonesia pada Kamis.   

Ketua tim ekspedisi Seven Summits, Endriartono Sutarto, menuturkan, keberhasilan menaklukkan enam puncak gunung menjadi penyemangat untuk menyelesaikan puncak gunung terakhir, yaitu Gunung Everest (gunung tertinggi di dunia dengan ketinggian 8.850 mdpl).

Ardhesir Yaftebbi menuturkan, kesulitan menaklukkan Gunung Vinson Massif adalah letaknya yang sangat jauh. Cuaca yang dihadapi juga sangat ekstrem dengan suhu terendah mencapai minus 80 derajat celsius.

Dalam jumpa pers diputar film dokumentasi pendakian ke Vinson Massif yang menunjukkan ganasnya medan di Antartika. Para pendaki tampak membawa ransel seberat 15 kilogram dan masing-masing menarik kereta luncur berisi perlengkapan yang beratnya 20 kilogram.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X