Marion Bartoli "Dilarang" ke Olimpiade

Kompas.com - 19/01/2012, 22:04 WIB
|
EditorA. Tjahjo Sasongko

MELBOURNE, KOMPAS.com — Petenis Perancis, Marion Bartoli, mengaku sangat sedih karena tidak bisa membela negaranya dalam pertandingan tenis olimpiade musim panas di London, Juli mendatang.

Bartoli merupakan petenis utama Perancis dan saat ini menempati peringkat 9 dunia. Namun, untuk bermain di olimpiade, ia harus memenuhi syarat dari Federasi Tenis Internasional (ITF), yaitu memiliki hubungan baik dengan federasi tenis negaranya dan pernah memperkuat tim Piala Fed setidaknya dua kali dalam empat tahun terakhir.

Kedua hal ini tidak bisa dipenuhi Bartoli. Ia memiliki sejarah konflik dengan federasi tenis negaranya berkaitan dengan keinginannya untuk tetap dilatih ayahnya meski bergabung dengan tim Piala Fed. Tahun lalu, kapten tim Piala Fed Perancis, Nicolas Escude, terpaksa mencoret nama Bartoli karena tidak cocok dengan gaya Bartoli dan pelatihnya.

Bartoli sendiri berharap ada pengecualian dari pihak ITF. Namun, ia mengakui sangat pesimistis dengan hal ini, tetapi tidak ingin repot-repot membawa masalah ini ke pengadilan arbitrase olahraga.

"Saya sangat kecewa," kata Bartoli seusai menyisihkan Jelena Dokic di babak kedua Australia Terbuka, Kamis (19/1/2012). "Jujur saja saya merasa memiliki peluang besar meraih medali di olimpiade, terutama karena bermain di lapangan Wimbledon, ajang di mana saya cukup berhasil pada masa lalu," kata Bartoli.

Bartoli lolos ke final Wimbledon 2007 sebelum dikalahkan Venus Williams di final. "Sebenarnya saya malas berbicara mengenai hal ini karena hanya membuat saya merasa tidak senang."



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X