Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Giliran India dan Korea Selatan Jadi Bidikan MotoGP

Kompas.com - 17/01/2012, 20:53 WIB

KOMPAS.com — Para petinggi MotoGP sedang melakukan pembicaraan dengan pihak berwenang di India dan Korea Selatan, menyangkut kesanggupan untuk menjadi tuan rumah MotoGP di masa mendatang.

Bos Dorna, Carmelo Ezpeleta, sudah mengunjungi Buddh International Circuit di Greater Noida pada awal Desember lalu. Dia membuka peluang bagi India untuk melakukan debutnya sebagai tuan rumah kompetisi "kuda besi" tersebut pada musim 2013.

Ezpeleta juga mengonfirmasi bahwa pekan lalu perwakilan Dorna sudah mengunjungi Korea Selatan untuk membicarakan kemungkinan Korea International Circuit masuk kalender MotoGP pada masa mendatang. Sirkuit tersebut berjarak sekitar 250 mil dari ibu kota Korea, Seoul.

Dengan adanya pembicaraan secara resmi dengan India dan Korea Selatan, membuktikan bahwa MotoGP ingin merambah ke seluruh penjuru dunia. Artinya, suatu saat nanti jadwal dalam satu musim akan lebih banyak lagi.

Saat ini "hanya" ada 18 seri balapan, di mana Eropa mendominasi karena ada 12 seri yang berlangsung di "Benua Biru" tersebut. Spanyol menjadi negara yang paling banyak menjadi penyelenggara karena ada empat seri yang berlangsung di "Negeri Matador" tersebut.

Sebelum mengadakan pembicaraan dengan dua negara tersebut, Dorna sudah mencapai kesepakatan dengan Texas dan Argentina, yang telah pasti masuk kalender MotoGP 2013. Akan tetapi, jika India sepakat untuk jadi penyelenggara, maka ada seri Eropa yang dihilangkan.

Ezpeleta menegaskan bahwa beberapa balapan (di Eropa) akan dihilangkan dari jadwal sehingga kompetisi tidak melulu berlangsung di sana. Dia memasang target, paling tidak 50 persen balapan berlangsung di luar Eropa.

Estoril, Jerez, dan Catalunya adalah tiga seri yang paling rentan lantaran krisis ekonomi di Portugal dan Spanyol. Karena itu, Ezpeleta punya keinginan untuk mengurangi balapan di Semenanjung Iberia tersebut. Apalagi, dia juga sedang mengincar Cile dan Brasil supaya bisa masuk kalender MotoGP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com