Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atlet Malaysia di SEA Games XXVI Pakai Doping

Kompas.com - 05/01/2012, 22:16 WIB
Wisnu Aji Dewabrata

Penulis

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com — Dua atlet Malaysia dari cabang atletik nomor lari estafet 4 x 400 meter dan cabang angkat besi yang bertanding di SEA Games XXVI 11-22 November 2011 di Jakarta-Palembang diduga memakai doping.

Padahal, kedua atlet yang identitasnya masih dirahasiakan itu meraih emas untuk nomor estafet 4 x 400 meter dan meraih perunggu untuk angkat besi.

Menteri Olahraga Malaysia Ahmad Shabery Cheek, Kamis (5/1/2012) di Kuala Lumpur, mengatakan, sampel A dari kedua atlet positif mengandung zat terlarang. Medali yang diraih kedua atlet itu akan ditarik jika pada sampel B juga ditemukan zat terlarang.  

"Saya terkejut ketika mengetahui dua atlet Malaysia gagal dalam tes doping. Peristiwa ini tidak bisa ditoleransi," kata Ahmad Sabery.

Sebagai catatan, Malaysia meraih 59 emas, 50 perak, dan 81 perunggu pada SEA Games XXVI/2011 sehingga menjadi juara ketiga.

Mantan Direktur Hubungan Antarkomite Olahraga Panitia Penyelenggara SEA Games (Inasoc), Abdul Rauf, mengutarakan, pihaknya belum menerima informasi mengenai kasus doping dua atlet Malaysia itu. Sampai sekarang belum ada laporan ada atlet Indonesia ketahuan memakai doping. (AFP/WAD)    

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com