Andy Murray Dilatih Ivan Lendl

Kompas.com - 01/01/2012, 11:19 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

LONDON, KOMPAS.com- Tahun Baru menjadi harapan baru bagi Andy Murray. Di malam Tahun Baru, Sabtu (31/12/2011), Murray mengumumkan pelatih yang akan mendampinginya di musim kompetisi 2012, yaitu mantan petenis Ivan Lendl.

Dalam situs pribadinya, www.andymurray.com , petenis kelahiran Skotlandia ini mengatakan, keberadaan orang baru dalam timnya akan memberi pandangan baru terhadap kemampuan Murray. Pengaruh Ivan dalam permainan tidak usah dipertanyakan lagi. "Dia membawa pengalaman dan pengetahuan, terutama dalam turnamen besar. Mulai saat ini, saya akan bekerja sama dengannya," kata Murray.

Selain mengumpulkan delapan gelar juara Grand Slam di tahun 1980-an hingga 1990, Lendl juga memiliki prestasi menjadi petenis nomor satu dunia selama 270 pekan secara berturut-turut.

Sebelum Lendl, mantan pemain asal Spanyol Alex Corretja adalah orang terakhir yang melatih Murray. Namun, keduanya menghentikan kerja sama pada bulan Maret 2010. Sejak saat itu, Murray diasuh tim pelatih tanpa nama besar di dalamnya.

Lendl sendiri menyatakan kegembiraannya memperoleh kesempatan melatih Murray. "Dia seorang pemain dengan bakat yang unik dan saya akan mencoba membantu mewujudkan targetnya," kata Lendl, mantan petenis kelahiran Ceko yang telah menjadi warga negara Amerika Serikat.

Target yang dikatakan Lendl tersebut tak lain adalah meraih gelar juara Grand Slam yang belum pernah sekali pun didapat Murray. Padahal, petenis nomor empat dunia ini telah memiliki kesempatan tiga kali bermain di final, yaitu di AS Terbuka 2008 serta Australia Terbuka dalam dua tahun terakhir.  

 

 



Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
komentar di artikel lainnya
Close Ads X