2.012 Pembawa Obor Menuju Innsbruck

Kompas.com - 21/12/2011, 23:09 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

JAKARTA, KOMPAS.com — Sebanyak 2.102 pembawa obor selama 18 hari membawa obor Olimpiade Musim Dingin Remaja 2012 ke Innsbruck, Austria.

Sesuai tradisi, api obor berasal dari pantulan sinar matahari pada cermin parabola di Kuil Hera di Stadion Panathinaiko, Olimpia Kuno, Olimpia, Yunani. Pada malam tahun baru, api obor akan menginap di Vienna, ibu kota Austria.

Obor dibawa berkeliling Austria mulai 27 Desember 2011 hingga 13 Januari 2012. Api akan tiba di Stadion Bergisel pada 13 Januari, kemudian untuk menyalakan kaldron hingga 22 Januari. Stadion ini pernah menjadi tuan rumah bagi dua olimpiade sebelumnya, yakni Olimpiade Musim Dingin 1964 dan 1976.

Api dan lari berantai membawa obor menyimbolkan nilai-nilai dan idealisme pada Gerakan Olimpiade. Mereka melambangkan kesempurnaan, persahabatan, dan penghormatan. Mereka juga menyalakan gairah dan keajaiban Olimpiade Musim Dingin Remaja Pertama.

Intinya, lari berantai membawa obor merupakan inspirasi harapan baru, impian baru, terutama di kalangan kaum muda dan mendorong seluruh dunia untuk mendapat pengalaman di Olimpiade Remaja bersama para atlet yang berlaga, kata residen Komite Olimpiade Internasional (IOC) Jacques Rogge ketika hadir di Olimpia.

Hadir pula dalam upacara pengambilan api obor itu Menteri Olahraga Austria Norbert Darabos, Presiden Komite Olimpiade Austria Karl Stoss, CEO Innsbruck 2012 Peter Bayer, dan Ketua Panitia Olimpiade Innsbruck Richard Rubatscher, Ketua Komisi Koordinasi Innsbruck 2012 merangkap Presiden Federasi Internasional Ski Gian-Franco Kasper, Ketua Komisi Obor Spyros Zannias, serta Presiden Komite Olimpiade Yunani Spyros Capralos.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X