Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ibu Andy Murray Jadi Kapten Tim Piala Fed Inggris

Kompas.com - 09/12/2011, 00:27 WIB

LONDON, Kompas.com - Ibu Andy Murray ditunjuk sebagai kapten tim Piala Fed Inggris. Demikian penuturan Asosiasi Tenis setempat, bahwa Judy Murray akan memimpin Inggris dalam pertandingan Grup 1 Eropa-Afrika pada 1-4 Februari mendatang, di mana mereka akan bertemu Israel di Eilat.

Murray, yang merupakan pelatih tim nasional Skotlandia selama sembilan tahun, pernah melatih anaknya sendiri yang tiga kali jadi finalis grand slam, pada awal kariernya. Sampai sekarang pun, dia kerab menghadiri setiap pertandingan petenis nomor empat dunia tersebut.

Bukan cuma Andy. Judy juga melatih putra dari Jamie, yang merupakan juara ganda campuran Wimbledon 2007.

"Tentu merupakan sebuah penghormatan besar bagiku untuk mewakili negaraku dengan cara ini," ujar Murray. "Peran ini menjadi sebuah tantangan yang menyenangkan mengingat gabungan bakat, pengalaman, dan determinasi yang kami miliki dalam diri para pemain putri top sekarang.

"Saya juga menantikan untuk bekerja sama dengan LTA dalam mengembangkan pelatihan yang lebih besar dan kuat bagi pemain putri. Saya ingin mendorong lebih banyak wanita untuk bergabung dalam pelatihan pada leel tertinggi, dan secara pribadi mendukung perkembangan mereka."

Murray sudah melatih petenis putri top Inggris, Elena Baltacha, dan sudah punya pengalaman bersama para pemain tim Piala Davis Inggris, seperti Colin Fleming dan Jamie Baker.

Inggris termasuk satu dari hanya empat negara yang selalu berkompetisi di Piala Fed, tetapi tidak pernah menggenggam trofi kompetisi ini. Sepanjang keikutsertaan mereka di turnamen putri bergengsi antarnegara ini, Inggris empat kali mencapai final dan terakhir kalah pada 1981. Beltacha merupakan petenis dengan ranking tertinggi di tim sekarang, yaitu 51.

Murray ditunjuk menggantikan Nigel Sears, yang merupakan ayah dari pacar Andy Murray, Kim Sears. Sears meninggalkan tugasnya tersebut karena memilih untuk jadi pelatih petenis cantik Serbia, Ana Ivanovic.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com