Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komentar Rossi mengenai CRT

Kompas.com - 02/12/2011, 21:46 WIB

KOMPAS.com — Musim depan, ada kategori baru di arena MotoGP, yaitu Claiming Rule Teams (CRT). Kehadiran CRT ini cukup mengundang kontroversi, terutama bagi para pebalap dari tim pabrikan. Padahal, Dorna, selaku pemegang hak MotoGP, menyebut CRT akan menjadi masa depan MotoGP.

Valentino Rossi pun memberikan pendapatnya tentang CRT. Di sela-sela kesibukannya dalam memperlihatkan bakatnya di Monza Rally Show, "The Doctor" membeberkan pandangannya tentang kelas baru CRT. Intinya, juara dunia tujuh kali MotoGP tersebut sepakat dengan Dorna bahwa CRT bisa menjadi masa depan olahraga ini.

"Dengan keputusan Suzuki mundur dari MotoGP, maka hanya akan ada 12 (pabrik) motor. Ini sedikit menyedihkan dan tentu saja kami harus menggunakan motor-motor yang lebih murah, dan, jika ini menjadi satu-satunya jalan, saya tidak keberatan menunggang sebuah motor CRT meskipun tidak ada yang senang dengan hal ini," ujar pebalap Italia tersebut kepada La Gazzetta Dello Sport.

Memang, faktor kompetitif yang menjadi masalah. Meskipun demikian, pada musim depan ada 10 motor CRT yang akan ikut bersaing di lintasan. Itu artinya, walaupun Suzuki sudah mundur dan adanya pemangkasan motor satelit Honda dan Ducati, tetapi jumlah motor di lintasan MotoGP bakal meningkat dari 17 (tahun ini) menjadi sekitar 22.

Dalam kesempatan yang sama, Rossi juga berbicara tentang musimnya yang buruk dalam debutnya dengan Ducati pada 2011 ini. Mantan pebalap Honda dan Yamaha tersebut mengakui, musim 2011 adalah yang terburuk sepanjang kariernya di arena grand prix.

Buktinya, dia hanya finis di posisi ketujuh dan hanya satu kali naik podium tanpa pernah menjadi pemenang. Padahal, sepanjang kariernya, juara dunia sembilan kali grand prix ini minimal satu kali menjadi juara.

Namun sekarang, Rossi sudah lebih rileks menyambut musim 2012. Dia cukup optimistis dengan pengembangan Ducati GP12, yang menggunakan rangka aluminium.

"Kami memiliki sebuah motor yang sangat berbeda," ujar Rossi. "Saya ingin melihat kemajuan secepat mungkin pada Februari. Semoga kami akan lebih cepat dan kompetitif. Menyenangkan karena tak ada batasan lamanya uji coba, dan itu membantu kami."

"Apa kado yang saya inginkan untuk diberikan saat Natal? GP 2012 yang kompetitif."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com