Juara, Federer Cetak Sejarah di Final Ke-100

Kompas.com - 28/11/2011, 06:18 WIB
|
EditorTjatur Wiharyo

LONDON, KOMPAS.com - Roger Federer menyempurnakan keberhasilannya mencapai final ke-100 dalam kariernya dengan menjuarai turnamen akhir tahun ATP World Tour Finals. Dalam partai puncak, Minggu (27/11/11), pemain nomor empat dunia ini menang rubber-set atas Jo-Wilfried Tsonga 6-3, 6-7 (6/8), 6-3.

Dengan demikian, Federer mencatat rekor sebagai petenis yang paling banyak menjuarai event yang mempertemukan 8 petenis putra terbaik dunia ini, yaitu 6 kali, masing-masing pada 2003, 2004, 2006, 2007, 2010, dan 2011. Dia mengalahkan rekor Ivan Lendl dan Pete Sampras (hanya 5 kali di event yang dulu bernama Masters Cup).

Sedangkan bagi Tsonga, kegagalan ini membuat dia hanya bisa mengulangi prestasi terbaik kompatriotnya dari Perancis pada tahun 2001, Sebastien Grosjaen, yang dikalahkan Lleyton Hewit di final. Jika juara, Tsonga akan jadi petenis Perancis pertama yang menjuarai ATP World Tour Finals.

Federer, yang juga mengalahkan Tsonga di babak penyisihan grup tampil sangat impresif di lapangan keras yang menjadi favoritnya. Tak heran bila superstar Swiss ini mampu mempertahankan gelar dengan hasil sempurna, di mana tak terkalahkan sejak 3 pertandingan penyisihan yang menggunakan sistem round-robin. Ini yang membuat rivalnya dari Spanyol yang merupakan unggulan kedua, Rafael Nadal, memberikan sanjungan bahwa Federer sangat pantas menjadi juara karena levelnya sangat tinggi bermain di lapangan indoor O2 Arena ini.

"Jika Federer bermain seperti ini, maka tak ada yang bisa mengalahkannya," ujar Nadal setelah ditaklukkan Federer dengan 6-3, 6-0 di babak penyisihan (Nadal tersingkir karena kalah dari Tsonga dalam laga terakhir).

Gelar di London ini menjadi yang ke-70 dalam karier Federer, setelah dia tercatat sebagai petenis kelima yang mencapai final ke-100 di era Open. Mantan pemain nomor satu dunia ini sejajar dengan Jimmy Connors (163), Lendl (146), John McEnroe (108), dan Guillermo Vilas (104). Secara keseluruhan, peraih 16 gelar grand slam ini membukukan 807 kemenangan - satu lebih banyak dari rekor idolanya, Stefen Edberg.

Federer, yang kini kembali ke peringkat tiga dunia usai menang atas David Ferrer di semifinal, juga memperpanjang kemenangan menjadi 17 kali berturut-turut sejak menjuarai turnamen Basel Terbuka dan Paris Masters, sebelum datang ke London untuk mempertahankan gelarnya.

Turnamen ini diikuti pemain nomor satu dunia Novak Djokovic, Nadal, dan pemain nomor tiga Andy Murray. Akan tetapi mereka semua langsung tersingkir di penyisihan. Bahkan Murray mundur setelah kalah di laga pembuka, karena mengalami cedera.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X