Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2.407 Personel Amankan Laga Indonesia-Malaysia

Kompas.com - 16/11/2011, 18:43 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Sebanyak 2.407 personel keamanan akan dikerahkan pada pertandingan Indonesia melawan Malaysia dalam babak penyisihan Grup A SEA Games XXVI/2011, Kamis (17/11/2011) malam. Pertandingan itu diprediksi akan berlangsung sengit dan ditonton sekitar 100.000 pendukung "Timnas Garuda Muda".

"Kami sudah gelar rapat koordinasi guna mengamankan pertandingan sepak bola antara Indonesia lawan Malaysia dengan mengerahkan 2.407 personel," ujar Kepala Biro Operasi Polda Metro Jaya Komisaris Besar Agung Budi Maryoto, Rabu (16/11/2011), di Mapolda Metro Jaya.

Agung mengatakan, petugas keamanan itu terdiri dari Mabes Polri, Polda Metro Jaya, Polres setempat, TNI, tim kesehatan, pemadam kebakaran, dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). Di dalam pengamanan besok, petugas akan melakukan sterilisasi dan penggeledahan terhadap barang bawaan pendukung yang datang.

"Penggeledahan akan dilakukan secara berlapis di beberapa pintu masuk luar maupun pintu utama," kata Agung.

Untuk partai Indonesia melawan Malaysia, ujar Agung, panitia pelaksana SEA Games XXVI memprediksi penonton akan membeludak. Pasalnya, ini partai untuk menentukan juara Grup A. "Prediksinya mencapai 100.000," tutur Agung.

Padahal, Stadion Gelora Bung Karno hanya mampu menampung 80.000 penonton. Agung mengatakan, masyarakat kemungkinan besar tidak bisa mendapatkan tiket VVIP lantaran sudah dibagikan pihak panitia.

Untuk mengantisipasi banyaknya penonton yang tidak bisa masuk ke stadion, panitia menyiapkan layar besar. Agung berharap penonton yang tidak mendapatkan tiket menonton bisa tetap menjaga ketertiban dan keamanan saat pertandingan berlangsung. Adapun pertandingan sepak bola antara Indonesia melawan Malaysia akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, Kamis (17/11/2011) pukul 19.00 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com