Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Thorpe Terpuruk di Beijing

Kompas.com - 08/11/2011, 17:02 WIB
A. Tjahjo Sasongko

Penulis

BEIJING, KOMPAS.com — Perenang legendaris Australia, Ian Thorpe, terpuruk di posisi 15 dalam nomor 100 meter gaya bebas di seri kejuaraan dunia jarak pendek di Beijing, Selasa (8/11/2011).

Perenang berusia 29 tahun yang mencoba nomor spesialisasinya ini setelah pensiun selama lima tahun mencatat waktu 50,21 detik. Ia terpaut 0,61 detik di bawah limit kualifikasi.

Rabu (9/11/2011), Thorpe akan berlomba di nomor 100 meter gaya kupu-kupu. Akhir pekan ini, Thorpe akan berlomba di Tokyo sebagai bagian persiapan dirinya menghadapi Olimpiade London 2012.

"Saya kira banyak orang yang meremehkan rumitnya olahraga renang," kata Thorpe saat di Singapura. Di sini dia lolos ke final 100 meter gaya ganti individu, tetapi gagal di nomor 100 meter gaya kupu-kupu.

"Saya katakan bila saya istirahat selama lima tahun, butuh waktu tiga tahun untuk kembali ke kondisi dulu. Saya berusaha untuk mempercepatnya," kata Thorpe.

Thorpe memutuskan kembali berenang pada Februari lalu dan kini berlatih di Swiss bersama pelatih Gennadi Touretski.

Perenang Australia ini merupakan peraih lima medali emas Olimpiade 2000 dan 2004. Ia juga meraih 11 gelar juara dunia sebelum memutuskan mundur pada 2006 di usia 24.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com