Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semakin Sulit Cari Kamar Hotel di Palembang

Kompas.com - 01/11/2011, 20:41 WIB
Irene Sarwindaningrum

Penulis

PALEMBANG, KOMPAS.com - Kamar hotel di Palembang, Sumatera Selatan, semakin sulit diperoleh menjelang pelaksanaan SEA Games XXVI 11-22 November mendatang. Permintaan dan pemesanan kamar di berbagai hotel naik hingga dua kali lipat.

"Pemesanan kamar sudah penuh mulai 9 November sampai pertengahan bulan. Hanya tinggal sekitar 10 kamar untuk pemesanan langsung kepada pelanggan," kata petugas hubungan masyarakat Hotel Novotel Palembang, Futri Hasana di Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (1/11/2011).

Futri mengatakan, tingkat hunian kamar naik dua kali lipat menjelang pelaksanaan pesta olahraga tertinggi se-Asia Tenggara itu. Pemesanan tertinggi di sekitar pembukaan dan penutupan SEA Games XXVI.

Kenaikan tingkat hunian juga terjadi di Hotel Rian, yang berada di akses utama ke Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang. Pemesanan kamar di hotel bintang satu ini telah mengalami peningkatan, setidaknya sejak sepekan ini. "Semua tamu terkait dengan SEA Games, kata Herlan Aspiuddin," pemilik Hotel Rian.

Sejak 1 November, tarif hotel-hotel bintang di Palembang meningkat tajam. Kenaikan mencapai hingga 50 persen. Kamar hotel yang biasanya bertarif Rp 800.000 semalam, saat ini dibandrol Rp 1,2 juta semalam. Beberapa pendatang ke kota itu mengeluhkan sulitnya mencari hotel.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com