Berduka, Tim Gresini Absen di GP Valencia?

Kompas.com - 24/10/2011, 21:55 WIB
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

KOMPAS.com — Tim Gresini Honda tampaknya akan mundur dari seri terakhir MotoGP 2011 di Valencia, 6 November mendatang. Rencana ini menyusul kematian tragis yang menimpa pebalap andalannya, Marco Simoncelli, dalam kecelakaan maut di Sirkuit Sepang, Malaysia, Minggu (23/10/2011).

"Hal yang pasti adalah bahwa timku tidak akan berpartisipasi pada balapan berikutnya di Valencia, atau jadwal tes setelah balapan," ujar bos tim, Fausto Gresini, seperti yang dilansir GPone.com.

Sebelum kematian "Supersic", Gresini, yang merupakan mantan juara dunia kelas 125 cc, sudah punya pengalaman pahit serupa. Pada tahun 2003, pebalap Jepang yang memperkuat tim Gresini Honda, Daijiro Kato, juga mengalami kecelakaan dan meninggal dunia di Suzuka.

Kematian Simoncelli merupakan yang pertama kali di kelas premier sejak Kato.

Berbicara tentang Simoncelli, yang menjadi pebalap Gresini sejak melakukan debutnya di MotoGP pada awal 2010, serta keputusan Honda untuk memperbarui kontraknya baru-baru ini, Fausto mengatakan, "Saya memiliki begitu banyak gambar yang muncul dalam pikiran, dari dua tahun bersama-sama. Marco spontan, selalu melakukan apa yang dia pikir benar, dengan ketulusan hati dan selalu bahagia. Saya tidak ingat jika pernah melihat dia marah sekali...."

"Seorang anak laki-laki hebat yang datang dari keluarga yang istimewa. Dia dan ayahnya sangat dekat, seperti saudara."

Simoncelli, juara dunia kelas 250 cc pada tahun 2008, mengakhiri musim pertamanya di MotoGP di urutan kedelapan. Pada musim keduanya di kelas paling bergengsi ini, Simoncelli menunjukkan kemajuan yang sangat membanggakan karena dia dua kali naik podium. Pebalap Italia ini meraih hasil terbaik ketika finis di urutan kedua di Australia, sepekan sebelum tampil di Malaysia.

Tanpa Simoncelli, di Valencia nanti (jika tetap ikut) tim Gresini Honda hanya akan mengandalkan pebalap Jepang, Hiroshi Aoyama. Tetapi, untuk musim depan, Gresini harus mencari pebalap baru karena Aoyama dipastikan akan pindah ke ajang World Superbike Championship.

Baca tentang


    Rekomendasi untuk anda
    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X