Kido/Hendra Gagal ke Final, China Pastikan 2 Gelar Putri

Kompas.com - 22/10/2011, 22:44 WIB
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

JAKARTA, Kompas.com — Langkah satu-satunya wakil Indonesia yang tersisa pada semifinal Denmark Terbuka Superseries Premier, Markis Kido/Hendra Setiawan, terhenti. Pada pertandingan di Odense, Sabtu (22/10/11), ganda putra terbaik Tanah Air itu dikalahkan unggulan kedua dari Korea, Jung Jae Sung/Lee Yong Dae, 11-21, 21-17, 19-21, dalam waktu 45 menit.

Setelah kalah dengan cukup mudah pada game pembuka, Kido/Hendra tampil agresif di game kedua sehingga bisa menang. Pada game ketiga, peraih medali emas Olimpiade Beijing 2008 ini sebenarnya punya momentum untuk menang ketika unggul 18-17.

Namun, Jung/Lee bisa mengejar, dan pertandingan kian seru sampai kedudukan 19-19. Sayang, dua pengembalian yang menyangkut pada net dari pasangan Indonesia memastikan kemenangan ganda putra Korea peringkat dua dunia tersebut.

"Pada game pertama kami masih bingung, tidak berani menyerang sepenuhnya karena khawatir kehabisan tenaga pada game kedua," ujar Kido mengakui penampilan mereka pada game pertama yang kurang maksimal.

"Kami sudah bermain maksimal, hanya kurang beruntung," tambahnya mengenai game penentuan yang akhirnya dimenangi lawan.

Di final, Jung/Lee akan menghadapi pasangan peringkat satu dunia Fu Haifeng/Cai Yun. Pasangan China ini menumbangkan pemain tuan rumah unggulan ketiga Mathias Boe-Carsten Mogensen dua game langsung 21-13, 21-18. China pasti juara tunggal dan ganda putri

Sementara itu China telah memastikan diri meraih dua gelar dari turnamen berhadiah total 400.000 dollar AS tersebut. Pasalnya, mereka menciptakan final antara pemain China pada tunggal dan ganda putri.

Unggulan pertama Wang Yihan maju ke final setelah mengalahkan pemain masa depan Thailand, Inthanon Ratchanok, 21-14, 21-6. Dia akan bertemu rekan senegaranya unggulan ketiga Wang Xin yang menyisihkan unggulan kedua Wang Shixian 21-19, 21-10.

Sedangkan ganda putri unggulan pertama Wang Xiaoli/Yu Yang akan memperebutkan gelar dengan unggulan kedua Tian Qing/Zhao Yunlei. Wang/Yu maju ke partai puncak setelah mengalahkan pasangan Korea Ha Jung Eun/Kim Min Jung 21-8, 14-21, 21-16, sedangkan Tian/Zhao mengalahkan pemain tuan rumah Line Damkjaer Kruse/Marie Roepke 21-12, 21-5.

Adapun final tunggal putra mempertemukan unggulan teratas asal Malaysia, Lee Chong Wei, dengan unggulan ketiga Chen Long dari China. Chong Wei menang atas andalan tuan rumah Peter Hoeg Gade 21-19, 23-21, dan Chen unggul atas pemain Jepang Sho Sasaki 21-16, 21-7.

Sedangkan final ganda campuran menjadi satu-satunya harapan tuan rumah untuk meraih gelar, saat pasangan unggulan ketiga Joachim Fischer Nielsen/Christinna Pedersen bertemu unggulan kelima Xu Chen/Ma Jin dari China.

 



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X