Sepang Jadi Hari Penghakiman Rossi dan Ducati

Kompas.com - 19/10/2011, 22:46 WIB
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

KOMPAS.com - Ducati akan menghadapi hari penghakiman ketika tampil di Sirkuit Sepang, Malaysia, pada akhir pekan ini. Pasalnya, mereka bisa melihat perbandingan bagaimana performa Desemodici GP11.1 yang "asli" dengan hasil "rekayasa".

Mengapa demikian? Sirkuit Sepang menjadi tempat pertama di mana Ducati melakukan uji coba GP11.1 pada bulan Februari. Karena mereka terus menghadapi kesulitan, maka tim yang bermarkas di Bologna itu melakukan sejumlah perubahan, mulai dari desain rangka, hingga perubahan material.

"Desmosedici yang akan kami gunakan di trek pada hari Jumat, berbeda dengan Desmosedici yang sudah kami uji coba pada musim dingin lalu. Dan, event ini akan memperlihatkan kepada kami beberapa perbandingan yang menarik dengan data yang kami kumpulkan," ujar manajer tim, Vittoriano Guareschi.

Memang, Ducati terus mengalami evolusi sejak awal musim 2011 ini. Setelah melakukan pencangkokan yang menghasilkan GP11.1 - karena mesin 800cc dipasang pada rangka 2012, mereka juga menggunakan sasis aluminium, serta ada perubahan konfigurasi airbox, sejak tes di Sepang. Semuanya dilakukan untuk mencoba memperbaiki masalah rasa pada front-end.

"Di sini, di Malaysia, kami akan meneruskan pekerjaan pada GP11.1, baik saat balapan dan hal lain untuk mengumpulkan informasi bagi program kerja kami demi menatap musim 2012," jelas Guareschi.

Dalam catatan prestasinya, Ducati meraih dua kali kemenangan di GP Malaysia, yang semuanya diraih ketika masih bersama Casey Stoner. Sejak 2003, Ducati juga selalu menempatkan pebalapnya di posisi enam besar, pada balapan di Sepang.

Nah, bagaimana dengan tahun ini? Valentino Rossi, yang musim lalu memenangkan balapan di sini ketika masih bersama Yamaha, merasa memiliki harapan. Apalagi, ini termasuk salah satu trek favoritnya.

"Saya sangat menyukai Sirkuit Sepang, meskipun kondisi cuacanya selalu ekstrim," ujar Rossi, yang mengalami kecelakaan di Australia. "Kami tidak terlalu beruntung di Australia, dan kami juga sudah bekerja lebih keras lagi pada pengesetan motor."

Juara dunia sembilan kali grand prix ini pun ingin melihat bagaimana perbedaan terhadap perubahan yang sudah dilakukan pada Desmosedici. Dengan demikian, mereka bisa memverifikasi hasil dari beberapa tes musim dingin lalu, dengan perubahan terakhir yang dilakukan.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X