Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Remis Lagi, Susanto Duduki Peringkat Delapan

Kompas.com - 19/10/2011, 21:39 WIB
Emilius Caesar Alexey

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pecatur andalan Indonesia, GM Susanto Megaranto, kembali bermain remis untuk keempat kalinya, pada hari terakhir Indonesia Open Chess Championship 2011, Rabu (19/10/2011) di Hotel Le Meridien, Jakarta. Total ia mengumpulkan nilai enam poin.

Dengan raihan ini, Susanto berhak menduduki peringkat kedelapan dalam klasemen akhir. GM Li Chao b dari China yang keluar sebagai juara pertama turnamen ini.

Pada pertandingan terakhir, Susanto (2530) menghadapi GM Zhao Jun dari China (2587). Zhao yang memegang bidak putih justru bermain aman, dan tidak berusaha menekan. Susanto berusaha balik menekan tetapi jalan selalu ditutup oleh Zhao.

Berulang kali Zhao menutup langkah Susanto, sehingga permainan menjadi tidak berkembang. Susanto akhirnya memilih remis, karena  menguntungkannya dari sisi nilai. Hasil turnamen ini membuat elo rating Susanto bertambah 14 poin.

"Zhao berusaha main aman sejak awal dengan menutup langkah saya. Pertahanan yang sangat tertutup membuat kami terpaksa remis," kata Susanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com