Susanto Megaranto Taklukkan Aleksey Dreev

Kompas.com - 17/10/2011, 03:19 WIB
Editor

Jakarta, Kompas - Grand Master Susanto Megaranto membuat kejutan besar dengan menaklukkan GM Aleksey Dreev (Rusia) pada pertandingan babak kelima turnamen catur Indonesia Open Chess Championships 2011, Minggu (16/10) di Hotel Le Meridien, Jakarta. Di atas kertas, Aleksey lebih kuat karena memiliki elo rating 2.711, sedangkan Susanto memiliki elo rating 2.530.

Dengan kemenangan itu, Susanto Megaranto berada di peringkat ketujuh dengan 4 poin hasil dari empat kali menang dan sekali kalah.

Kepala Bidang Pembinaan Prestasi PB Percasi Kristianus Liem, Minggu, memaparkan, kemenangan Susanto karena lawan menghadapi krisis waktu dan akhirnya membuat kesalahan.

”Pada pertengahan pertandingan, Susanto kehilangan satu bidak, tetapi ia mendapat keuntungan karena beberapa perwira milik Aleksey tidak bisa berkembang,” ujar Kristianus.

Menurut Kristianus, Aleksey berpikir terlalu lama sehingga merugikan dirinya sendiri. Aleksey membuat kesalahan ketika waktunya tinggal satu menit, sedangkan Susanto masih memiliki waktu tujuh menit.

Susanto unggul jumlah perwira dibandingkan Aleksey. Susanto masih memiliki 1 kuda, 1 pion, dan 1 benteng. Akan tetapi, lawannya tinggal memiliki 1 pion dan 1 benteng. Keunggulan materi yang dimiliki Susanto tersebut menjadi malapetaka bagi Aleksey.

”Susanto bermain dengan bijaksana dan berhati-hati sehingga membuat lawannya kehabisan waktu,” tutur Kristianus.

Tirta kalah

Sementara itu, di babak kelima pecatur pendatang Tirta Chandra Purnama yang memiliki elo rating 2.368 menyerah kepada GM Li Chao (elo rating 2.710) dari China. Kekalahan Tirta ini merupakan kekalahannya yang pertama dalam turnamen tersebut. Pada babak sebelumnya, Tirta menang dua kali dan remis dua kali.

Pada babak kedua, Tirta membuat kejutan dengan mengalahkan GM Tigran Kotanjian (Armenia) yang memiliki elo rating 2.546, jauh di atas elo rating Tirta.

Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X