Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stoner Sulit Dibendung, Lorenzo Tetap Mengancam

Kompas.com - 15/10/2011, 08:09 WIB

PHILLIP ISLAND, Kompas.com - Casey Stoner tak terbendung dalam tiga sesi latihan bebas GP Australia. Setelah menjadi yang tercepat pada dua latihan bebas pertama kemarin, pebalap tuan rumah ini kembali mengukuhkan diri sebagai yang terbaik pada latihan terakhir di Sirkuit Phillip Island, Sabtu (15/10/11).

Stoner mengalahkan rival terdekatnya dalam perburuan gelar juara dunia 2011, Jorge Lorenzo. Tetapi, pebalap Yamaha yang berstatus juara bertahan ini tertinggal cukup jauh, karena terpaut 0,640 detik.

Di posisi ketiga ada rekan setim Stoner di tim Repsol Honda, Dani Pedrosa, yang lebih lambat 0,915 detik. Pebalap asal Spanyol ini memberikan indikasi adanya peningkatan, karena pada dua latihan sebelumnya dia tak pernah bisa menembus posisi tiga besar.

Sementara itu Marco Simoncelli, yang kemarin selalu bersaing di posisi tiga besar, kali ini harus puas di urutan keempat. Pebalap Gresini Honda ini terpaut 1,137 detik. Catatan waktunya lebih bagus dari rekan setim Lorenzo, Ben Spies, yang ada di urutan kelima, disusul pebalap ketiga Repsol Honda, Andrea Dovizioso.

Posisi ketujuh ditempati pebalap Pramac Racing, Randy de Puniet. Di belakangnya ada pebalap Rizla Suzuki, Alvaro Bautista, diikuti pebalap Ducati Nicky Hayden, dan pebalap satelit Yamaha Tech 3, Colin Edwards.

Juara dunia sembilan kali grand prix, Valentino Rossi, belum menunjukkan tanda-tanda kebangkitan. Seperti pada latihan bebas pertama, "The Doctor" hanya mampu berada di urutan ke-12, lebih baik satu tingkat dari latihan bebas kedua di mana dia terpuruk di urutan ke-13.

Hasil latihan bebas ketiga ini menunjukkan bahwa Stoner, yang sejak 2007 merajai sirkuit Phillip Island, menjadi kandidat terkuat untuk mempertahankan rekor kemenangan di depan publik sendiri menjadi lima kali secara beruntun. Jika menang, maka peluang juara dunia 2007 ini untuk menyempurnakan pesta hari ulang tahun ke-26 bisa terwujud, di mana dia bisa langsung memastikan diri menjadi juara dunia 2011, dengan catatan Lorenzo terlempar dari posisi tiga besar.

Saat ini Stoner unggul 40 poin atas Lorenzo. Jadi, mantan pebalap Ducati ini hanya perlu unggul minimal 10 poin dari hasil balapan di Phillip Island, untuk mengakhiri perjuangan Lorenzo mempertahankan gelar juara dunia.

Siang nanti, para pebalap akan memasuki sesi kualifikasi untuk memperebutkan posisi start balapan pada hari Minggu (16/10/11).

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com