Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dishub: Sekolah Diliburkan Saat SEA Games

Kompas.com - 14/10/2011, 20:09 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk menyiasati kemacetan saat SEA Games XXVI 2011 pada November, Dinas Perhubungan DKI Jakarta menyarankan agar libur sekolah digeser saat pelaksanaan SEA Games di Jakarta. Hal ini lantaran pembatasan kendaraan dengan metode nomor polisi ganjil genap atau perbedaan warna tidak jadi dilaksanakan.

"Liburnya digeser. Jadi di saat libur semester nanti, siswa tetap masuk karena liburnya sudah digeser saat SEA Games ini," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Udar Pristono di Jakarta, Jumat (14/10/2011).

Usul ini muncul mengingat saat libur sekolah, volume kendaraan lebih sedikit. Pihaknya juga akan melakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan DKI Jakarta terkait dengan usulan ini.

"Kalau bisa dari SD hingga SMA, kami usulkan bahkan hingga perguruan tinggi juga. Mudah-mudahan usulan ini disetujui," ujarnya.

Untuk SEA Games ini, sebanyak 567 personel ditempatkan di persimpangan-persimpangan sekitar hotel dan venue untuk mengatur arus lalu lintas. Di setiap persimpangan sekitar empat petugas disiagakan. Selain itu, petugas juga berada di titik-titik rawan kemacetan ketika rombongan akan berangkat dari hotel menuju venue atau sebaliknya.

"Kami sangat memperhatikan perjalanan kontingen, karena titik kemacetan banyak dan jaraknya cukup jauh," jelas Pristono.

Kendati demikian, pembatasan kendaraan tetap akan dilakukan pada kawasan Gelora Bung Karno dan Taman Impian Jaya Ancol. Pembatasan penggunaan kendaraan pribadi ini menggunakan sistem stiker, penyediaan kantong-kantong parkir, penentuan titik akses untuk keluar dan masuk kawasan untuk kendaraan umum, serta penyediaan fasilitas shuttle bus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com