Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arena Belum Siap

Kompas.com - 29/09/2011, 03:23 WIB

Karawang, kompas - Perhelatan SEA Games XXVI/2011 kurang dari 45 hari lagi. Namun, sejumlah arena pertandingan di Karawang dan Palembang belum siap dan belum lengkap. Panitia pelaksana pertandingan berharap venue bisa siap tepat pada waktunya.

Di Karawang, Jawa Barat, Situ Cipule yang akan menjadi arena pertandingan cabang dayung belum memiliki kedalaman air merata. Pembangunan sejumlah kelengkapan juga belum rampung.

Kepala Bidang Pembinaan Canoeing, Pengurus Besar Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia, Suryadi, Rabu (28/9), menyatakan, beberapa titik arena memiliki kedalaman kurang dari 2 meter. Padahal, arena itu memerlukan kedalaman perairan untuk menggelar nomor-nomor rowing, canoeing, dan perahu naga minimal 2,5 meter-3 meter.

”Kedalaman air memengaruhi kecepatan perahu. Jika kurang dari 2,5 meter, pedayung akan kesulitan memacu perahunya, terutama untuk nomor perahu naga yang memiliki jumlah pedayung lebih dari 10 orang,” kata Suryadi.

Hingga Rabu siang, pekerja masih menyelesaikan pembangunan gudang perahu, bangunan fasilitas lomba, dan menara. Mereka juga merapikan tepi dan menambah kedalaman situ, memperkuat tanggul, menyelesaikan instalasi air bersih, serta memperbaiki jalan menuju Situ Cipule. Sebagian pekerja lainnya memasang bola-bola penanda lintasan.

Dua bangunan utama di arena dayung, yakni gudang perahu dan fasilitas lomba, belum juga rampung. Gudang perahu belum beratap menampilkan rangka bangunan dan beberapa sisi dinding belum rampung. Sementara gedung fasilitas lomba belum utuh berbentuk dan pekerja masih menyambung baja-baja rangka bangunan serta atap.

Sementara di Palembang, arena angkat besi di Gelanggang Olahraga (GOR) Dempo, kompleks olahraga Jakabaring Sport City, belum memiliki tempat latihan bagi atlet. Arena itu dipakai untuk uji coba pertandingan mulai Rabu (28/9) sampai Kamis (29/9).

Panitia pelaksana pertandingan angkat besi, Sonny Kasiran, mengatakan, secara keseluruhan, arena angkat besi selesai dan siap dipakai baik untuk uji coba pertandingan maupun SEA Games November mendatang.

”Semua ruangan sudah oke. Hanya tempat latihan untuk atlet yang belum ada,” katanya.

Untuk mengatasi ketiadaan tempat latihan, panitia pelaksana menyiapkan tempat latihan di luar GOR. Di dekatnya, ada tenda berukuran 10 meter x 20 meter dengan lantai cor beton sebagai tempat latihan atlet.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com