Lorenzo Mulai Pesimistis Bisa Pertahankan Gelar

Kompas.com - 19/09/2011, 22:46 WIB
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

ARAGON, Kompas.com - Jorge Lorenzo mulai pesimistis dengan peluangnya untuk mempertahankan gelar juara dunia MotoGP. Pebalap Yamaha tersebut mengakui, sulit baginya untuk membendung pebalap Repsol Honda, Casey Stoner, untuk merebut mahkota juara musim ini.

Hasil di GP Aragon, Minggu (18/9/11), yang membuat pebalap Spanyol ini mulai berpikir realistis. Ketika dia finis di urutan tiga, Stoner begitu dominan dan tak bisa diimbangi oleh siapa pun, untuk naik podium nomor satu. Alhasil, kemenangan tersebut membuat Stoner kian kokoh di puncak klasemen dan untuk sementara unggul 44 poin.

Secara matematis, Lorenzo masih punya peluang untuk mengejar mantan juara dunia 2007 tersebut. Dengan empat seri tersisa, masih ada total 100 poin yang diperebutkan. Akan tetapi, fakta yang menunjukkan bahwa pebalap Australia tersebut selalu tampil konsisten, membuat Lorenzo mulai ragu dengan peluangnya.

"Saya pikir, kejutannya adalah hanya tertinggal 44 poin di belakang Casey, karena dia sudah mendominasi kompetisi ini, dan dia telah memenangi banyak balapan.

"Jadi, berada dekat dengannya tidak terlalu buruk. Harapan kami sekarang hanyalah semoga ada sesuatu yang terjadi. Semoga bukan hal buruk terhadap Casey, tetapi tanpa ini, hampir tak mungkin."

Lorenzo, yang tertinggal 14 detik dari Stoner pada balapan di Motorland Aragon, mengatakan bahwa salah satu faktor utama dalam perebutan gelar juara 2011 ini adalah perkembangan yang signifikan dari performa mesin Honda RC212V. Bayangkan, motor itu sudah meraih 10 kemenangan dari total 14 seri yang sudah dilakoni, hanya kurang satu dari kemenangan HRC pada empat tahun sebelumnya.

Lorenzo mengatakan: "Pada bagian akhir tahun lalu, Honda melakukan sebuah langkah maju, dan mereka sangat cepat dan kompetitif. Tahun ini, mereka mengalami kemajuan pesat sejak awal musim.

"Kami di Yamaha memenangi tiga gelar juara dunia secara beruntun, dan tiga mahkota juara, sehingga kami agak sedikit tenang, dan tidak mengambil begitu banyak risiko. Honda tidak pernah menang lagi, dan mereka sudah melakukan sebuah pekerjaan hebat."

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X