Persoalan Listrik, Latihan Bebas 2 MotoGP Ditiadakan

Kompas.com - 16/09/2011, 21:56 WIB
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

ARAGON, Kompas.com — Latihan bebas kedua GP Aragon, Jumat (16/9/2011), harus dibatalkan. Persoalan daya di trek Motorland terus berlanjut sehingga sesi latihan yang sempat dimulai hanya beberapa menit (setelah sempat tertunda) itu benar-benar dihilangkan. Latihan bebas kedua ini tak diadakan untuk kelas MotoGP dan Moto2.

Persoalan elektrik menjadi penyebab semua rencana latihan sesi sore hari tersebut berantakan. Adapun latihan bebas untuk kelas 125cc sempat tertunda selama 20 menit.

Pada akhir sesi ini, daya listrik benar-benar tak mampu bekerja dengan baik ketika latihan kedua MotoGP akan dimulai. Akibatnya, paddock menjadi gelap dan semua alat listrik tak bisa berfungsi.

Penundaan latihan bebas MotoGP ini sempat tertunda hampir sekitar dua jam. Setelah itu, ada tanda-tanda latihan bebas tersebut bisa dimulai karena daya listrik sudah normal lagi sehingga panitia lomba memberikan pengumuman bahwa sesi itu akan dimulai pukul 16.20 waktu setempat.

Namun, ketika semua tim sedang melakukan persiapan untuk kembali ke trek, daya listrik di trek drop lagi. Sempat ada keyakinan bahwa persoalan ini bisa segera diatasi, tetapi nyatanya tidak demikian sehingga latihan bebas kedua MotoGP dan Moto2 ditiadakan.

Ini merupakan kali kedua pada musim 2011, di mana MotoGP kehilangan sesi latihan hari Jumat. Sebelumnya terjadi di Sirkuit Assen pada bulan Juni lalu meskipun dengan persoalan yang berbeda. Waktu itu latihan bebas ditiadakan karena tumpahan oli di trek, yang tentu saja sangat berbahaya.

Sebagai kompensasi hilangnya latihan bebas kedua ini, maka latihan bebas terakhir pada hari Sabtu (17/9/2011) pagi nanti akan lebih panjang. Menurut rencana, latihan akan diadakan mulai pukul 10.10-10-55 waktu setempat. Pada siang harinya dilanjutkan dengan sesi kualifikasi.

Pada latihan bebas pertama, Dani Pedrosa menjadi yang tercepat. Pebalap Repsol Honda ini mengalahkan kompatriotnya dari Spanyol yang menjadi andalan Yamaha, Jorge Lorenzo, serta tiga pebalap Honda lainnya, Casey Stoner, Marco Simoncelli, dan Andrea Dovizioso.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X