Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jerman, Uji Coba Terakhir Paralayang

Kompas.com - 14/09/2011, 05:18 WIB

Jakarta, Kompas - Tim nasional paralayang Indonesia memastikan Kejuaraan Dunia Paralayang Nomor Ketepatan Mendarat (Paragliding Accuracy World Cup/PGAWC) Seri V/2011 di Jerman akan menjadi uji coba terakhir tim. Kejuaraan yang merupakan seri kelima itu tidak diikuti negara Asia Tenggara.

Gendon Subandono, Manajer SEA Games XXVI/2011 subcabang paralayang Federasi Aero Sport Indonesia (FASI), Senin (12/9), mengatakan, dari empat seri kejuaraan nomor ketepatan mendarat sebelumnya, Indonesia meraih peringkat bagus. Indonesia sudah mengikuti seri kejuaraan yang digelar di Lituania, Austria, Serbia, dan Indonesia.

”Di antara negara-negara peserta dari Eropa yang banyak mengikuti kejuaraan tersebut, posisi Indonesia cukup bagus,” ujar Gendon.

Pada kelompok putri, posisi Indonesia secara keseluruhan di seri Kejuaraan Dunia PGAWC adalah empat besar dunia. Sementara di kelompok putra, tiga atlet Indonesia masuk posisi 10 besar dunia. Untuk nomor beregu, Indonesia di posisi kedua.

Untuk seri terakhir, tim akan berangkat ke Jerman, 20 September 2011, dan akan mengikuti kejuaraan sampai 27 September 2011. Sebanyak empat atlet putri dan tiga putra paralayang SEA Games akan turun. Bersama mereka, dua atlet nonpelatnas yang juga berkemampuan bagus ikut berlomba.

Menurut Gendon, jika di nomor ketepatan mendarat tim nasional Indonesia memiliki prestasi apik, di nomor open distance, Indonesia belum terlalu bagus. Tim Indonesia harus mewaspadai Thailand, Vietnam, dan Malaysia. ”Untuk mengukur kemampuan, tim akan mengikuti kejuaraan Open Distance di Wonogiri, Jawa Tengah, 14-18 September 2011,” ujar Gendon.

Sepak takraw

Tim pelatnas sepak takraw Indonesia berhasil menduduki posisi kedua pada ISTAF Super Series yang berlangsung 8-11 September di Bangkok, Thailand. Pada babak final, Indonesia yang diwakili Saiful Rijal, Nur Adil S, dan Syamsul Hadi harus mengakui keunggulan Thailand dengan skor 0-3 (6-15, 6-15, 6-15).

Manajer tim, Usep Saprudin, yang dihubungi melalui sambungan langsung internasional, Selasa (13/9), mengatakan, seusai kejuaraan super series, tim pelatnas mengikuti Kings Cup di negara yang sama. ”Saat ini masih babak penyisihan grup,” ujarnya. (HLN/MHD)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com