Etape Kedua Tour of Britain Batal

Kompas.com - 12/09/2011, 22:32 WIB

LONDON, KOMPAS.com -- Etape kedua balap sepeda Tour of Britain 2011, yang seharusnya berlangsung Senin (12/9/2011) dibatalkan. Angin yang amat kencang menjadi alasan utama pembatalan balapan.

Mick Bennet, Direktur Perlombaan Tour of Britain, mengemukakan bahwa etape kedua dari Kendal menuju Blackpool sejauh 137,7 kilometer dibatalkan. Penyelenggara balapan mendapat informasi, badai Katia akan melewati rute balapan dengan kecepatan hingga 58 meter per jam. "Keputusan sulit yang harus diambil demi keamanan para pebalap," ujar Bennet.

Pebalap tim Sky Geraint Thomas berujar, "Kecewa juga balapan dibatalkan, namun keamanan lebih penting."

Dari situs resmi Persatuan Balap Sepeda Internasional (UCI) disebutkan, Tour of Britain 2011 merupakan balapan kelas 2.1 yang terdaftar dalam kalender Europa Tour 2011 yang diselenggarakan 11-18 September 2011.

Mark Cavendish dari tim HTC Highroad yang undur diri dari balapan grand tour Vuelta a Espana 2011 menjadi pemenang etape pertama balapan dari Peebles menuju Dumfries, Minggu (11/9/2011) dengan waktu empat jam, 41 menit, dan 06 detik.

Cavendish bisa membalap di Tour of Britain karena mendapat dispensasi khusus dari UCI. Menurut peraturan UCI, seorang pebalap yang undur diri dari balapan sementara balapan tersebut tengah berlangsung, tidak bisa membalap di balapan yang lain. Namun, etape awal Tour of Britain bersamaan dengan waktu penutupan Vuelta a Espana, sementara Cavendish sudah undur diri dari Vuelta a Espana 2011 di minggu pertama balapan karena kelelahan.

Hingga dibatalkannya balapan etape kedua ini, Cavendish, raja sprinter Tour de France 2011 itu tetap menjadi pemuncak balapan.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


EditorNasru Alam Aziz
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X