Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Thorpe Ubah Gaya Renang

Kompas.com - 22/08/2011, 14:51 WIB

SYDNEY, KOMPAS.com — Juara olimpiade asal Australia, Ian Thorpe, tengah mengembangkan teknik renang yang baru dalam usahanya kembali ke persaingan elite dunia.

Thorpe mengundurkan diri pada 2006, tetapi memutuskan kembali berlomba untuk persiapan menghadapi Olimpiade London 2012. Ia berlatih di Swiss bersama pelatih asal Rusia, Gennadi Touretski.

Ia kini tengah mempersiapkan diri dengan keras menghadapi kejuaraan dunia renang kolam pendek di Singapura pada 4-5 November.

Thorpe dengan gaya klasik pernah memenangi lima medali emas olimpiade, 11 gelar juara dunia, dan 11 rekor dunia di masa jayanya. Namun, ia kini tampil berbeda.

Gaya Thorpe sekarang merupakan perpaduan antara dirinya dan Alexander Popov, perenang asal Rusia yang pernah ditangani Touretski. Popov merupakan peraih empat medali emas olimpiade.

"Saya ingin ia berenang dengan lebih bebas," kata Touretski. "Saya tidak ingin ia memperlihatkan semua kemampuannya (saat ini). Saya ingin menikmati lomba. Yang penting saya ingin ia berhasrat dalam berlomba," kata Touretski.

Sebelum London, Thorpe akan mengikuti tiga seri kejuaraan dunia, yaitu di Singapura (4-5 November), Beijing (8-9 November), dan Tokyo (12-13 November).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com