Puasa, Agus Tak Kurangi Porsi Latihan

Kompas.com - 30/07/2011, 21:23 WIB
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

SEMARANG, Kompas.com — Pelari nasional dari Jawa Tengah, Agus Prayogo, tidak akan mengurangi porsi latihan selama menjalani ibadah puasa Ramadhan. Ini lantaran pelaksanaan SEA Games XXVI 2011 semakin dekat.

"Insya Allah saya tetap puasa dan latihan tetap seperti biasa, yaitu pagi dan sore hari di perkebunan teh Pengalengan, Kabupaten Bandung," kata Agus ketika dihubungi dari Semarang, Sabtu (30/7/2011).

Apalagi, menurut peraih medali emas SEA Games XXV 2009 Laos nomor 10.000 meter tersebut, ia akan membela Indonesia tampil pada "Army Half Marathon" (nomor lari 21 kilometer) di Singapura, September 2011.

"Saya tidak mengurangi porsi latihan pada bulan Ramadhan karena harus segera mempersiapkan diri tampil pada lomba lari half maraton di Singapura dan pelaksanaan SEA Games sudah semakin dekat," katanya.

Ia mengatakan, ajang half marathon di Singapura mendatang sekaligus sebagai pemanasan sebelum tampil pada SEA Games XXVI 2011.

Agus, yang tercatat sebagai prajurit TNI AD di Secapa TNI AD Bandung tersebut, bakal turun pada dua nomor di SEA Games XXVI di Sumatera Selatan dan DKI Jakarta, 11-22 November 2011.

Dua nomor yaitu lari 5.000 dan 10.000 meter yang menjadi spesialisasinya selama ini. Bahkan, pada nomor 10.000 meter dia berhasil menyumbangkan medali emas untuk kontingen Indonesia pada pesta olahraga multievent antarnegara Asia Tenggara di Laos 2009.

Pada nomor 5.000 meter, catatan waktu terbaik Agus adalah 14,02 menit atau memecahkan rekor nasional atas namanya sendiri 14.04 menit, sedangkan rekor SEA Games adalah 14,08 menit atas nama pelari Malaysia, Rahmad Chandra, yang dicapai pada SEA Games 1997.

"Saya menargetkan bisa mengamankan dua medali emas pada SEA Games di Indonesia mendatang. Kalau persaingannya belum terlihat karena catatan waktu pelari dari negara lain masih jauh dari saya," katanya.

Namun, dia tidak mau lengah dan tetap mewaspadai pelari dari negara lain pada SEA Games mendatang.

"Saya tetap akan berjuang semaksimal mungkin karena selain medali emas, saya bertekad untuk memecahkan rekor SEA Games," katanya.

Agus termasuk salah satu atlet Jateng yang ditarget bisa meraih medali emas pada PON XVIII/2012 di Riau selain Trianingsih, Suryo Agung Wibowo, dan Dwi Ratnawati. Agus diharapkan bisa meraih dua emas, Trianingsih meraih tiga emas, Suryo mendapat dua emas, dan Dwi meraih satu emas.

Baca tentang


    Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X