Atlet Peraih Medali Terima Bonus

Kompas.com - 27/07/2011, 22:29 WIB
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

LAMONGAN, KOMPAS.com Atlet Lamongan yang berprestasi pada Pekan Olahraga Provinsi Jawa Timur ke-3 di Kediri 2011, Rabu (27/7/2011), menerima bonus. Bonus dari jajaran Muspida sebesar Rp 26 juta, sedangkan dari Komite Olahraga Nasional Indonesia Cabang Lamongan sebesar Rp 106 juta. KONI Lamongan sebelumnya menjanjikan bonus Rp 6 juta untuk peraih emas, R p 4 juta bagi peraih perak, dan Rp 2 juta untuk peraih perunggu. Pelatih dan ofisial yang atletnya meraih medali juga dapat bonus khusus.

Ketua KONI Lamongan Agus Suyanto menyebutkan, dari sembilan cabang olahraga yang diikuti, Lamongan meraih 10 medali emas, tujuh perak, dan empat perunggu. Lamongan masuk peringkat 9, yang sesuai dengan target masuk 10 besar dan meningkat dari Porprov sebelumnya di peringkat 13.

Secara rinci, perolehan medali dari cabang olahraga panjat tebing memperoleh tujuh emas, di antaranya, diperoleh Nanda Dea Cahyaningtyas pada kategori lomba boulder perorangan dan lead perorangan, lainnya satu perak dan satu perunggu. Cabang olahraga gulat memperoleh dua emas, di antaranya, diperoleh M Aminul Firmansyah pada kategori lomba 46 kg putra, lainnya empat perak dan tiga perunggu. Cabang atletik meraih satu emas oleh Febrian Dwi Cahyono pada lomba tolak peluru. Pencak silat dan catur masing-masing mendapat satu perak. 

Menurut Agus, agar prestasi selanjutnya lebih baik, sarana dan prasarana olahraga harus ditingkatkan. Fasilitas panjat tebing di Lamongan ketinggiannya hanya 12 meter, padahal yang dilombakan pada Porprov lalu setinggi 15 meter. Lintasan lari di stadion putarannya sekarang hanya 100 meter ke depan bisa menjadi 400 meter. Latihan gulat saat ini masih menempati gedung dari Kantor Dinas Pemuda dan Olahraga, diharapkan ke depannya sudah mampu mempunyai tempat tersendiri.

Bupati Lamongan, Fadeli, berjanji akan menambah dan membenahi sarana yang ada demi kemajuan atlet dan olahraga di Lamongan. Pada 2013 ada Pekan Olahraga Nasional (PON) remaja di Jawa Timur dan 2014 digelar Porprov ke-4. "Semua harus difasilitasi," ujarnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X