"Selamat Tinggal Simoncelli-Dovizioso"

Kompas.com - 20/07/2011, 16:23 WIB
|
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

KOMPAS.com - Bos Honda Shuhei Nakamoto mengatakan tidak akan memperkerjakan tiga pebalap pada musim depan. Andrea Dovizioso dari Repsol Honda, dan bahkan Marco Simoncelli dari Gresini Honda, bakal kehilangan dukungan resmi dari tim Jepang tersebut.

Tahun ini, Honda memutuskan untuk menggunakan tiga pebalap, setelah Casey Stoner bergabung dengan Dani Pedrosa dan Dovizioso di tim. Sedangkan untuk Simoncelli, meskipun masuk skuad Gresini, tetapi si jabrik asal Italia tersebut tetap menggunakan motor yang sama seperti tiga pebalap tersebut.

Nakamoto mengatakan, anggaran Honda akan dikurangi mulai tahun depan, sehingga langkah tersebut harus diambil. Dengan demikian, ada konsekuensi lanjutnya, yaitu perampingan skuad dengan hanya mempertahankan Stoner dan Pedrosa untuk musim 2012.

"Ini adalah masa-masa sulit, krisis ekonomi masih jauh dari selesai," ujar Nakamoto seperti dikutip oleh majalah Motosprint.

"Di atas itu, Jepang memiliki beberapa masalah besar karena bencana yang terjadi musim semi lalu. Semua sektor industri kami telah memperlambat produksi sebesar 30 persen, dan Honda tidak kebal dari itu. Jadi, kami juga harus memotong biaya tahun depan."

"Jika saya dipaksa untuk membuat pengumuman hari ini berkaitan dengan pebalap yang dipekerjakan Honda pada 2012, maka saya hanya bisa berbicara tentang kerja sama tim karena Stoner dan Pedrosa yang masih punya kontrak untuk musim depan. Jadi, saya harus mengucapkan selamat tinggal kepada Simoncelli dan Dovizioso.

"Saya sudah meminta keduanya untuk menunggu dan bersabar: kami sedang berusaha mengatasi situasi, yang secara fundamental berhubungan dengan masalah keuangan. Anggaran akan dipotong, tetapi saya belum tahu seberapa besar. Pada pertengahan Agustus, segalanya akan menjadi lebih jelas."

Motosprint melaporkan bahwa pada musim 2012, ketika MotoGP beralih ke mesin 1.000cc, Honda hanya akan menempatkan empat pebalap: dua bekerja untuk tim pabrikan, dan dua menjadi pebalap tim satelit.

Pada MotoGP 2011 ini, pabrik Jepang tersebut menempatkan enam motor.

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X