Yao Ming Resmi Mengundurkan Diri - Kompas.com

Yao Ming Resmi Mengundurkan Diri

Kompas.com - 20/07/2011, 13:50 WIB

SHANGHAI, KOMPAS.com — Akhirnya masa itu tiba buat Yao Ming. Pemain NBA asal China ini mengumumkan pengunduran dirinya sebagai pemain secara resmi, Rabu (20/7/2011).

Pemain bertinggi bandan 2,25 meter yang mengawali karier di NBA pada 2002 memastikan spekulasi tentang dirinya dengan memberi pernyataan, "Saat ini saya secara resmi mengakhiri karier saya (sebagai pemain)."

Dua musim terakhir dalam karier Yao ditandai dengan cedera lutut dan pergelangan kaki yang berkepanjangan dan memaksanya absen dalam seluruh musim. Saat mengumumkan keputusannya di Grand Shanghai Ballroom, Rabu, Yao ditemani istrinya, Ye Li, dan putri tunggal mereka, Yao Qinlei.

Pengumuman Yao Ming dihadiri oleh general manager klub Yao Ming, Houston Rockets, Daryl Morey. Komisioner NBA, David Stern, mengirim pesan melalui saluran video. Morey sendiri mendapat izin dari NBA untuk hadir di Shanghai setelah kasus perselisihan terakhir melarangnya berhubungan dengan pemain.

Dalam pernyataannya, Stern memuji Yao Ming  sebagai pemain yang membantu memopulerkan NBA. "Yao Ming merupakan pemain yang mampu melakukan perubahan dan menyebarluaskan permainan ini (NBA) ke seluruh dunia," kata Stern.

Kontrak Yao dengan Rockets sebenarnya telah berakhir musim lalu.  Rockets sendiri berminat memperpanjang kontrak dengan syarat Yao Ming kembali dalam kondisi sehat. Namun, Yao Ming sendiri menyebut kariernya memang bergantung pada pemulihan cedera retak tulang di pergelangan kaki kirinya.

Sepanjang kariernya di NBA, Yao Ming terpilih delapan kali di NBA All Star. Ia mencatat rata-rata 19 poin dan 9.2 rebound. Setelah pensiun, Yao Ming akan kembali ke klub asalnya, Shanghai Sharks.


EditorA. Tjahjo Sasongko

Close Ads X