Rio Ingin Raih Poin di Silverstone

Kompas.com - 09/07/2011, 02:56 WIB
Editor

London, Kompas - Pebalap Indonesia, Rio Haryanto, ingin meraih poin di Seri GP3 Silverstone, London, Inggris. Keinginan ini menguat lantaran dalam tiga seri GP3 tahun 2011 Rio belum meraih poin sama sekali. Ini berbeda dengan prestasi musim 2010, di mana pada seri dan periode yang sama Rio sudah memenangi lomba. Jumat (8/7) waktu setempat, Rio menjalani latihan selama dua sesi di Sirkuit Silverstone.

Latihan pertama berlangsung pukul 11.45 sampai 12.15 waktu setempat. Latihan kedua berjalan pada pukul 15.50 sampai 16.20. Dalam latihan sesi pertama, Rio sempat memimpin hampir di akhir lap. Namun, pada tiga lap terakhir Rio dapat disusul dua pebalap lain. Sampai di akhir sesi, Rio menempati urutan ketiga dari 30 pebalap.

”Saya ingin segalanya berakhir manis di Silverstone ini. Memang lomba kali ini agak berat karena dampak hukuman dari seri sebelumnya di Valencia, Spanyol,” tutur Rio Haryanto, Jumat siang waktu setempat di Silverstone.

Pada Seri GP3 di Valencia bulan lalu, Rio mendapat hukuman mundur 10 posisi. Panitia lomba menilai Rio menabrak pebalap lain hingga merugikan pebalap tersebut. Keputusan ini membuat dia harus menempati posisi start ke-11 dari 31 pebalap.

Berdekatan

Pekan ini, jadwal lomba Rio di Inggris hanya berselang se- minggu. Setelah berlaga di Sirkuit Silverstone, Sabtu (9/7) sampai Minggu (10/7), Rio akan kembali tampil dalam kejuaraan Auto GP di Donington Park, Sabtu (16/7) sampai Minggu (17/7). Mengenai dekatnya jadwal lomba ini, Rio tidak terlalu khawatir.

Dia hanya memikirkan cara untuk menyesuaikan cara mengemudikan mobil yang memiliki karakter berbeda di kedua ajang tersebut. Mobil untuk seri GP3 berbeda jauh dengan mobil untuk lomba Auto GP.

”Mobil Auto GP downforce-nya bagus, dan saya dapat tampil maksimal dengan mobil demikian. Sementara itu, mulai tahun ini tingkat downforce mobil GP3 diturunkan dibandingkan dengan tahun lalu sehingga kurang cocok buat saya,” kata Rio.

Downforce adalah daya tekan pada kendaraan yang berfungsi membuat stabil mobil balap ketika berbelok dengan kecepatan tinggi. Namun, Rio tidak mau menyerah. Dia terus mempelajari perubahan spesifikasi mobil dengan latihan.

Selama kejuaraan berlangsung, keluarga Rio memberi dukungan langsung di area Silverstone maupun Donington Park. ”Semoga di Inggris Rio dapat menorehkan prestasi yang lebih baik. Saya percaya dia bisa,” kata Sinyo Heryanto, bapak Rio yang juga mantan pebalap itu.

Sirkuit Silverstone memiliki panjang lintasan 5,891 kilometer. Catatan prestasi Rio di sirkuit ini cukup lumayan. Dia mampu mencapai garis finis kedua pada Race 1 Seri GP3 musim lalu. Adapun pemenang Race 1 adalah Esteban Gutierrez dari Meksiko dan Race 2 Daniel Morad dari Kanada.  (Andy Riza Hidayat, dari Silverstone, Inggris)



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X