Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Klitschko Satukan Gelar Kelas Berat

Kompas.com - 04/07/2011, 02:48 WIB

Hamburg, Sabtu - Dua bersaudara petinju kelas berat asal Ukraina, Vladimir Klitschko dan Vitali Klitschko, berhasil menyatukan semua gelar tinju kelas berat versi WBA, WBC, WBO, IBF, dan IBO. Terakhir, Vladimir merebut sabuk juara tinju kelas berat versi WBA setelah mengalahkan petinju Inggris, David Haye, Sabtu (2/7).

Vladimir menang angka atas Haye, 117-109, 118-108, dan 116- 110 setelah bertarung sebanyak 12 ronde. Dua juri yang berasal dari Amerika Serikat dan satu juri dari Afrika Selatan memberikan angka kemenangan untuk Vladimir.

Sebelumnya, Vladimir telah menguasai sabuk tinju kelas berat versi WBO, IBF, dan IBO. Sementara Vitali (40), kakak Vladimir, adalah pemegang sabuk tinju kelas berat versi WBC. Rekor bertarung Vladimir di atas ring luar biasa, yaitu 59 kali bertarung dengan hasil 56 kali menang (49 di antaranya menang KO) dan tiga kali kalah.

”Saya akan sangat senang ketika merayakan kemenangan KO yang ke-50,” kata Vladimir.

Vladimir mengungkapkan, ia dan kakaknya telah berhasil mewujudkan impian mereka, yaitu menyatukan semua gelar juara tinju kelas berat.

”Sekarang kami boleh menyebut diri kami sebagai juara tinju kelas berat sejati,” ujar petinju berusia 35 tahun itu.

Partai panas

Pertarungan antara Vladimir dan Haye sudah panas sebelum keduanya naik ring. Haye sempat mengejek Vladimir yang membuat Vladimir bersumpah akan membalas dendam.

”Saya tidak bisa menerima kelakuannya. Ucapannya benar-benar memalukan olahraga tinju dan para pencinta tinju,” kata Vladimir.

Selama pertarungan berlangsung, Haye berhasil mendaratkan pukulan telak ke arah Vladimir. Namun, menurut petinju yang dijuluki ”Dr Steelhammer” itu, pukulan Haye sama sekali tidak menyakitkan. Bahkan, Vladimir mengatakan bahwa gaya bertinju Haye sangat hati-hati.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com