Spies Tak Sabar untuk Menang Lagi

Kompas.com - 30/06/2011, 22:43 WIB
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

KOMPAS.com - Kurang dari sepekan setelah merengkuh kemenangan pertama di ajang MotoGP, Ben Spies langsung menghadapi tantangan baru, karena harus tampil di seri kedelapan akhir pekan ini di Mugello, Italia. Mampukah pebalap Yamaha ini mengulangi kesuksesan tersebut?

Di Assen, Belanda, akhir pekan lalu, Spies mengakhiri penantian panjangnya untuk naik podium nomor satu MotoGP. Setelah tampil di 31 seri tanpa kemenangan, pebalap Amerika Serikat tersebut akhirnya merengkuh impiannya untuk meraih kemenangan pertama di MotoGP--sejak Andrea Dovizioso melakukannya pada balapan sangat basah di GP Inggris, 2009. Dia pun masuk jajaran delapan pebalap yang pernah menjuarai MotoGP bermesin 800cc.

Hasil gemilang itu memberikan angin segar kepada Spies dan Yamaha, untuk mengulanginya lagi di Motegi. Jika terwujud, maka dia akan mencatat kemenangan lebih dari satu kali, yang berarti menyamai prestasi Valentino Rossi, Casey Stoner, Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa.

Ya, sejauh ini baru empat pebalap tersebut yang bisa memenangi MotoGP (mesin 800cc) lebih dari satu kali. Dovizioso, seperti halnya pebalap Suzuki Chris Vermeulen (sekarang di WSBK), baru satu kali naik podium kelas premier, sedangkan Loris Capirossi--yang beberapa kali memenangi MotoGP era 990cc--belum pernah menang lagi sejak menjuarai balapan di Motegi pada 2007.

Nah, bermodalkan penampilan yang impresif di Assen, Spies datang ke Mugello dengan kepercayaan diri yang tinggi. Pebalap asal Texas tersebut mengaku tak sabar untuk bertarung di trek milik orang Italia itu.

"Ketika anda finis dalam sebuah balapan seperti di Assen, maka anda pasti ingin kembali lagi dan berusaha untuk terus melakukannya," ujar Spies.

"Kemenangan pertamaku di MotoGP belum hilang sama sekali; itu cukup istimewa bagi saya karena bisa melakukannya di sirkuit legendaris dan di saat yang unik dalam sejarah Yamaha. Seragam warna merah dan putih memberikan saya keuntungan!

"Saya menantikan balapan di Mugello, trek yang sudah memiliki permukaan baru dengan banyak grip, sehingga itu akan cukup bagus bagi motor dan menarik bagi fans."

Musim lalu dalam debutnya di MotoGP bersama tim Yamaha Tech 3, Spies finis di posisi tujuh di Sirkuit Mugello. Bagaimana dengan musim ini? Kita tunggu saja.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X