Atasi Masalah Mesin, Andra Juara Ketiga

Kompas.com - 19/06/2011, 22:05 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

ZHUHAI, KOMPAS.com - Sempat tercecer di urutan keenam pada sesi pertama, Pebalap perempuan Indonesia Alexandra Asmasoebrata meraih juara ketiga sesi kedua seri III Asian Formula Renault 2011 di Zhuhai International Circuit, Provinsi Guangdong, China, Minggu (19/6/2011). Dengan hasil itu Andra bertahan di puncak klasemen kategori Asia, namun tergeser ke posisi kedua untuk overall category. 

Selain masalah psikologis karena kecelakaan sebelumnya, Andra dan tim mampu mengatasi kendala mesin. Faktor mesin dinilai turut menghambat Andra meraih hasil optimal pada sesi pertama. Setidaknya dia gagal mempertahankan posisi di urutan empat dan lima yang sempat dia raih di putaran 2 hingga 8. 

Sesuai janji sebelumnya, tim Pekka Saarinen Racing sukses memperbaiki mesin dan menggunakan ban yang lebih tepat sesuai kondisi lintasan. Kondisi mesin lebih baik ketimbang sebelumnya. Saya bisa memacunya lebih kencang, kata Andra seusai menerima dua trofi juara ketiga untuk kategori asia dan overall.

Hujan deras mengguyur sirkuit belasan menit sebelum balapan sesi kedua digelar Minggu pukul 10.00 waktu setempat. Kondisi lintasan menjadi licin. Sejumlah tim yang telah siap dengan ban kering menggantinya dengan ban yang lebih cocok dalam kondisi jalan basah.

Star di urutan keenam, Andra langsung merangsek ke posisi ketiga pada putaran (lap) pertama. Kecelakaan yang menimpa dua pemain di depannya, Leopold Ringbom (Finlandia) dan Alexey Karachev (Rusia), dimanfaatkan Andra untuk memperbaiki posisi hingga ke posisi kedua pada putaran pertama.

Puncak klasemen  Andra bertahan di posisi kedua di belakang pebalap Yuki Shiraishi (Jepang) hingga putaran ke delapan. Namun, menjelang dua putaran akhir, rekan satu tim Andra, Timothy Teo (Singapura), mampu memacu mobil dan menggeser posisi Andra di urutan kedua.

"Ada trauma akibat kejadian kemarin. Kebetulan hujan turun lagi hari ini. Saya tidak bisa memacu mobil dengan maksimal, terutama di tikungan 10, tetapi itu dimanfaatkan pebalap lain," kata Andra.

Dengan tambahan 37 poin dari sesi pertama dan kedua seri III ini, Andra mengumpulkan 131 poin. Hasil itu membuat Duta Promosi Pariwisata Indonesia itu bertahan di puncak klasemen sementara kategori asia pada AFR 2011 ini disusul Yuki Shiraishi (120), Li Chi Cong (China/120), Timothy Teo (76), dan Victor Yung (56).

Sementara untuk kategori keseluruhan, Andra bergeser ke posisi kedua di bawah Yuki Shiraishi yang mengemas 114 poin. Posisi ketiga klasemen ditempati Leopold Ringbom (107), Li Chi Cong (78), dan Timothy Teo (64).

Pada seri III kali ini, dua pebalap PS Racing sial. Setelah Timothy tergelincir pada putaran 1 sesi pertama, giliran Leopold pada putaran 1 sesi kedua. Hasil itu membuat posisi Leopold, yang hingga seri II berada di puncak bersama Andra, tergeser oleh Yuki.

Meski terlambat hadir, karena baru tampil di AFR pada seri II, Yuki mengemas hasil optimal dari dua seri yang diikutinya. Dari empat kali turun, dia tiga kali meraih juara 1 dan sekali juara 2. Pebalap ini tampak konsisten melahap putaran demi putaran dan berusaha menjadi yang tercepat dengan teknik yang mumpuni.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X