Simon Tantang Lin Dan di Perempat Final

Kompas.com - 16/06/2011, 22:50 WIB
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

JAKARTA, KOMPAS.com — Tunggal putra Pelatnas Cipayung, Simon Santoso, memelihara asa Indonesia untuk membawa pulang gelar dari Singapura Terbuka Superseries. Simon maju ke perempat final turnamen berhadiah 200.000 dollar AS tersebut, Kamis (16/6/2011), setelah menang 21-11, 21-12 atas pemain Jepang, Sho Sasaki.

Keberhasilan Simon menjadi pengobat luka Indonesia di ajang ini, setelah pemain andalan yang merupakan unggulan utama, Taufik Hidayat, tersingkir secara tragis. Melawan pemain non-unggulan dari China, Wang Zhengming, Taufik menyerah rubber game 16-21, 22-20, 13-21.

Namun, di perempat final nanti, Simon harus mengerahkan semua kekuatan dan mengobarkan semangat pantang menyerah. Pasalnya, dia akan bertemu unggulan kedua asal China, Lin Dan, yang lolos setelah menang dua game 21-17, 21-11 atas pemain muda Denmark, Jan O Jorgensen.

Secara statistik, Lin Dan sangat mendominasi pertemuan mereka karena dari tujuh laga, pemain kidal yang mendapat predikat "Super Grand Slam" tersebut unggul 7-0. Namun, dari hasil pertemuan terakhir yang terjadi di Korea Terbuka Superseries Premier, 29 Januari 2011, Simon memberikan sinyal bisa menyulitkan Lin Dan karena kalah rubber game 21-23, 22-20, 15-21 dari pemain yang kini menjadi peringkat satu dunia tersebut. Lin Dan hanya perlu maju ke perempat final turnamen ini untuk menggeser Lee Chong Wei dari puncak ranking BWF.

Dengan demikian, total ada lima wakil Indonesia yang akan bermain di perempat final, Jumat (17/6/2011). Selain Simon di tunggal putra, masih ada ganda putra Alvent Yulianto Chandra/Hendra Aprida Gunawan, ganda putri Vita Marissa/Nadya Melati dan unggulan ketiga Meiliana Jauhari/Greysia Polii, serta ganda campuran unggulan keempat Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir.

Alvent/Hendra AG akan menghadapi pasangan Jepang, Hirokatsu Hashimoto/Noriyasu Hirata; Tontowi/Liliyana bertemu pasangan Korea Selatan, Lee Yong Dae/Ha Jung Eun; Vita/ Nadya melawan unggulan keempat dari Jepang, Shizuka Matsuo/Mami Naito; dan Meiliana/Greysia ditantang unggulan keenam dari Korea, Ha Jung Eun/Kim Min Jung.

- Jadwal pertandingan pemain Indonesia di perempat final:

  • Tunggal putra: Simon Santoso vs (2) Lin Dan (China)
  • Ganda putra: Alvent Yulianto Chandra/Hendra AG vs Hirokatsu Hashimoto/Noriyasu Hirata (Jepang)
  • Ganda putri: Vita Marissa/Nadya Melati vs (4) Shizuka Matsuo/Mami Naito (Jepang)
  • Ganda putri: (3) Meiliana Jauhari/Greysia Polii vs (6) Ha Jung Eun/Kim Min Jung (Korea)
  • Ganda campuran: (4) Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir vs Lee Yong Dae/Ha Jung Eun (Korea)



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X